Dengan mengikuti Pelatihan ini, diharapkan mampu memahami :
Peran Trainer sebagai Fasilitator
Cara Kerja Otak yang mempengaruhi proses pembelajaran
Karakteristik Orang Dewasa sebagai peserta pelatihan
Cara Mengatasi Rasa Gugup ketika membuka sesi dan selama pelatihan
Tehnik mengelola Bahasa Tubuh dan Suara selama mengajar
Prinsip-prinsip mengelola Lingkungan Pelatihan (layout ruangan, ambiance, dll)
Cara Memaksimalkan Alat Audio Visual untuk memperkuat proses pembelajaran (Power Point & Flipchart dll)
Tehnik Bertanya untuk merangsang proses berpikir dan membangun partisipasi
Fungsi Ice Breaker, Energizer, Musik, untuk menarik perhatian peserta dan Mempertahankan Mood Belajar
Tehnik Bercerita secara efektif untuk memperkuat poin pembelajaran
Mempertahankan Pola Pikir Positif dan Kreatifitas dalam menangani peserta sulit
MATERI
1. Memahami Peserta Anda
Prinsip pembelajaran orang dewasa, Whole Brain Approach: Reptil, Sistem Limbik dan Neokorteks, Preferensi belajar (Auditory, Visual, Kinestetik), 8 Prinsip pembelajaran kreatif
2. Membangun Kredibilitas Trainer
Personal Conduct, Social Practice, Content Expertise, 14 hal yang harus diingat trainer
3. Bahasa Tubuh dan Kualitas Suara
4. Keterampilan Memfasilitasi
Merancang “run-down” training, Beberapa tehnik mengatasi rasa gugup, 10 Tips untuk pembukaan training yang efektif Beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam tampilan Power Point materi presentasi, Mengoptimalkan Flipchart selama pelatihan