Jadwal Pelatihan Teknik Penulisan Audit Report yang Efektif
Tanggal
Tempat
Kota
Belum ada jadwal terbaru
MATERI
1. Temuan Hasil Pemeriksaan (Audit Finding)
Faktor-Faktor yang Harus Dipertimbangkan
Pertimbangan harus ditekankan pada situasi dan kondisi pada saat kejadian
Harus dipertimbangkan sifat, kerumitan, besarnya jumlah dan nilai uang dilibatkan dalam kegiatan yang diaudit
Perlu menganalisis temuan secara jujur, teliti dan kritis, untuk menghindari pengungkapan yang tidak logis
Kewenangan organisatoris perlu dikemukakan dalam perumusan temuan
Auditor tidak boleh bersifat “apriori” terhadap kebijakan auditee yang tidak sesuai dengan pendapatnya
Auditor harus dapat meyakinkan dengan jelas dasar kesimpulan dan rekomendasinya
Atribut Temuan
Kondisi (Condition of Fact)
Kriteria (Criteria)
Akibat (Impact)
Sebab (Causes)
Rekomendasi (Recommendation)
Syarat-syarat Temuan
Cukup berarti atau berguna untuk pihak-pihak yang berkepentingan
Didasarkan pada bukti-bukti yang tepat
Dikembangkan secara objektif
Didasarkan pada hasil audit yang cukup untuk mendukung setiap simpulan yang diambil
Meyakinkan
Langkah-Langkah Pengembangan Temuan
Identifikasi kekurangan/kelemahan yang ada
Pastikan kebijakan, prosedur atau ketentuan yang menjadi dasar untuk melakukan penilaian
Identifikasi batas kewenangan dan tanggung jawab dalam perusahaan dikaitkan dengan kegiatan yang diaudit
Tentukan sebab-sebab kekurangan atau kelemahan
Tentukan apakah kelemahan itu merupakan kasus yang berdiri sendiri atau yang tersebar luas
Tentukan pengaruh/dampak atau arti penting kelamahan tersebut
Rumuskan rekomendasi dengan bahasa yang sederhana dan mudah diterapkan
Usahakan untuk memperoleh komentar/tanggapan pejabat terkait
2. Laporan Hasil Pemeriksaan (Audit Report)
Tujuh Prinsip Pelaporan Menurut SPAI
Audit report dibuat untuk setiap penugasan
Membahas kesimpulan dan rekomendasi
Audit report harus mengandung 5 kualitas atau karakteristik: objektif, jelas (clear), ringkas (concise), konstruktif, dan tepat waktu
Laporan harus memuat tujuan, ruang lingkup dan hasil-hasil audit, dan dalam situasi tertentu laporan harus memuat kesimpulan auditor
Laporan dapat memuat rekomendasi untuk perbaikan, mengungkap kinerja auditee yang memuaskan serta tindakan koreksi
Perbedaan pendapat antara auditor dan auditee, jika menyangkut fakta, harus direkonsiliasi, sehingga ditemukan fakta yang benar. Perbedaan hanya boleh terjadi jika menyangkut kesimpulan atau interprestasi
Direktur Internal Audit atau pejabat yang ditunjuk harus mereview dan menyetujui laporan final sebelum diterbitkan, dan harus menentukan kepada siapa laporan audit akan didistribusikan