PT Fresh Galang Mandiri

Profesional - Komitmen - Kualitas

Supply Chain Management

August 7, 2024

Supply Chain Management

Jadwal Pelatihan Supply Chain Management

TanggalTempatKota
28 - 29 Agustus 2024-Yogyakarta
21 - 22 Agustus 2024-Yogyakarta

DESKRIPSI

Banyaknya persaingan menuntut perusahaan harus focus pada kemampuan internal tetapi juga fokus pada kolaborasi dengan pihak eksternal, baik supplier maupun distributor. Dengan kolaborasi dapat membantu perusahaan mendapatkan hasil produk yang memenuhi kriteria harga, kualitas dan pengiriman yang unggul di pasar. Supply Chain Management (SCM) mempunyai peran dalam mengelola seluruh rangkaian aktifitas dalam menghasilkan produk mulai dari pengadaan bahan baku, proses produksi, dan distribusi produk sampai ke tangan konsumen.

Perusahaan yang besar harus memiliki jarinan SCM yang baik dalam produksinya di seluruh dunia. Karena perusahaan akan menjalin kerjasama dengan para supplier baik dalam negeri maupun luar negeri. Untuk itu, para pelaku industry mentah, inventory hingga menjadi bahan jadi dari titik dimana mereka memulai pabrikasi hingga masuk ke klien. Teknologi yang serba canggih memungkinkan para pelaku industri untuk mengkontrol supply chain secara efisien. Agar para pelaku industri yang terlibat di dalamnya benar-benar memahami prinsip kerja SCM secara komprehensif, maka perlu adanya pelatihan yang diharapkan dapat menjawab berbagai permasalahan yang timbul.

TUJUAN

Setelah mengikuti training SCM  diharapkan peserta dapat :

  1. Dapat memahami  pengelolaan supply chain  management yang efektif
  2. Dapat mengoptimalkan proses bisnis dalam perusahaan agar tercipta efisiensi dalam  SCM
  3. Memahami bagaimana berkolaborasi dengan pihak ekternal perusahaan antara lain dengan supplier dan distributor
  4. Memahami bagaimana mengelola aliran material  dan inventory dalam SCM

MATERI 

1. Pengantar  supply  chain management

  • Definisi supply chain
  • Value chain model
  • Sejarah perkembangan supply chain management

2. Time based competition

  • Memahami bagaimana time based competition dan cycle time reduction dapat meningkatkan respond pelanggan dan memberikan keunggulan kompetitif bagi Perusahaan

3. Strategy Supply chain management

  • Menjelaskan hubungan yang strategis, Jenis-jenis kolaborasi dalam SCM,proses komunikasi dan pengelolaan inventori antara alliance member dari supply chain dan strategy efektif dalam mengelola SCM

4. Tehcnology & supply chain

  • Memahami bagaimana pilihan IT yang diterapkan akan mempengaruhi supply chain.

5. Bull whip effect and inventory management dalam SCM

  • Menjelaskan bagaimana mengelola inventory dalam jaringan SCM dan menghindari bullwhip effect dalam distribusi produk
  • Manajemen Inventory : Klasifikasi inventory, Inventory cost, model pemesanan ekonomis,perhitungan safety stock, inventory valuation, inventory metric

6. Manajemen transportasi dan distribusi

  • Model sistem transportasi dan distribusi dan Rincian aktivitas sistem
  • Transportasi
  • Mengukur produktivitas sistem transportasi
  • Logistics network design
  • Shipment planning and management
  • Fleet, container and yard management
  • Freight and document management

7. Manajemen Pergudangan

  • Fungsi fungsi dalam manajemen pergudangan
  • Profil aktivitas manajemen pergudangan
  • Mengukur performansi manajemen pergudangan
  • Prinsip prinsip penerimaan barang
  • Operasi penyimpanan barang.
  • Order picking operations.
  • Shipping principles.

8. Pengukuran Performansi SCM

  • Menjelaskan target perusahaan dan SCM dan bagaimana cara pencapaian dan pengukurannya.

9. Studi kasus

PESERTA

Manager, staf departemen produksi, supervisor, sales dan yang berhubungan dengan fungsi terkait.

TRAINING METHOD

Presentation

Discussion

Case Study

Evaluation

FACILITY

Training Kit

Handout

Certificate

Lunch + 2 X Coffee Break

Souvenir

Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Supply Chain Management
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi
error: Content is protected !!