PT Fresh Galang Mandiri

Profesional - Komitmen - Kualitas

Strategic Sourcing Management

August 20, 2016

Strategic Sourcing Management

Jadwal Pelatihan Strategic Sourcing Management

TanggalTempatKota
Belum ada jadwal terbaru

DESCRIPTIONS

Strategi sourcing dapat didefinisikan sebagai suatu inisiatif yang direncanakan untuk mengoptimalkan pembelanjaan dengan memilih pemasok yang dapat menciptakan peningkatan pengetahuan dan nilai lebih dalam hubungan pelanggan-pemasok. Sacara teoritis kegiatan ini mudah, namun dalam prakteknya seringkali timbul permasalahan dalam proses pelaksanaannya, mulai dari perencanaan yang tidak terintegrasi, perubahan harga dan pasokan tersedia, seleksi supplier yang mengundang potensi fraud, miskomunikasi dengan supplier dan lainnya.

Masalah sourcing management merupakan masalah yang sangat penting bagi kehidupan sebuah perusahaan. Industri manufaktur rata-rata menghabiskan lebih dariand 65% cost of good manufactured nya untuk biaya material. Peningkatan efisiensi dan efektifitas di sektor material akan sangat mempengaruhi biaya produksi perusahaan yang pada akhirnya akan meningkatkan competitive advantage perusahaan di era globalisasi yang semakin mendekat. Di era globalisasi ini masalah Quality, cost dan delivery dari material yang digunakan akan terasa semakin penting. Strategic sourcing tidak hanya dilakukan untuk pengadaan barang dan jasa untuk keperluan operasional (Operational Expenditures) tapi juga diimplementasikan untuk pengadaan barang kapital (capital expenditures).

 

OUTLINE

1. Aspek strategis pengadaan barang dan jasa.

  • Analisis SWOT (Strength,weakness,opportunity dan threat) perusaahaan.
  • Visi dan misi perusahaan.
  • Value Chain Perusahaan.
  • Strategi perusahaan.
  • Pengukuran kinerja dengan KPI (Key Performance  Indicators).

2. Outsourcing management and strategy dalam manajemen logistic dan pengadaan

  • Definisi outsourcing management.
  • Tahapan outsourcing.
  • Tipe outsourcing.
  • Hubungan kemitraan (partnership).
  • Alasan -alasan outsourcing.

3. Evolusi Sistem Manajemen Logistik dan Pengadaan.

  • Supply chain management.
  • Logistics management.
  • Procurement dan sourcing management sebagai bagian integral dari supply chain dan logistics management.
  • Studi kasus dan diskusi.

4. Paradigma baru manajemen pengadaan barang dan jasa

  • Dinamika  dan harapan stakeholder.
  • Paradigma lama pengadaan barang dan jasa.
  • Kontribusi profesional manajemen pengadaan.
  • Paradigma baru yang diinginkan.

5. Teknik Pemilihan Supplier dan Pengukuran Performansi Supplier.

  • Vendor Portfolio.
  • Source-selection Model.
  • Teknik pemilihan subkontraktor.
  • Make-or-buy Decision.
  • Teknik evaluasi supplier.
  • Teknik Pembinaan supplier.

6. Sertifikasi Supplier.

  • Definisi sertifikasi supplier.
  • Faktor-faktor penilaian dalam sertifikasi supplier.
  • Beberapa tipe sertifikasi.
  • Studi kasus sertifikasi di PT Telkom, Pertamina, Boeing dan Starbuck.

7. Teknik Perhitungan Owners Estimate (OE).

  • Definisi dan arti OE.
  • Kontrak Masa Lalu.
  • Harga Pasar.
  • Harga Proposal.
  • Konsep Target Price.
  • Perhitungan Owners Estimate (OE).

8. Pengadaan Barang Kapital dengan konsep TCO( Total Cost of Ownership).

  • Definisi TCO.
  • Konsep time value of money.
  • Konsep Net Present Value (NPV).
  • Memilih barang  capital dengan konsep TCO.
  • Repair atau replace.
  • Leasing atau purchasing.

9. Seni dan Teknik Negosiasi.

  • Prinsip – prinsip Negosiasi
  • Proses Negosiasi
  • Perencanaan untuk Negosiasi
  • Komunikasi dalam Negosiasi
  • Negosiasi Kontrak
  • Taktik dalam Negosiasi
  • Menghindari “ Deadlock.
  • Karakteristik negosiator yang baik.

10. Studi Kasus

 

PARTICIPANTS

Supply Chain/Logistik, Procurement/ Purchasing, Komite Pembelian, General Affair, Administrasi Kontrak, Legal Perusahaan, Supervisor/Manager yang terlibat dalam proses pembelian  dengan pemasok.

 

TRAINING METHOD

Presentation

Discussion

Case Study

Evaluation

 

FACILITIES

Training Kit

Handout

Certificate

1 x Lunch

2 X Coffee Breaks

Souvenir

 

Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Strategic Sourcing Management
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi
error: Content is protected !!