Jadwal Pelatihan Strategi Sales and Marketing Management
Tanggal
Tempat
Kota
12 - 13 September 2024
-
Yogyakarta
PENDAHULUAN
Strategi Sales dan Pemasaran adalah pedoman yang jelas dan praktis mengenai strategi-strategi yang paling efektif untuk menyusun sebuah rencana pemasaran dan penjualan. Khususnya di bagian Revenue diperlukan suatu keterampilan. Marketing yang terintegrasi dari atasan sampai dengan team yang maju langsung berhadapan dengan pelanggan. Perbedaan strategi di tambah lagi dengan “Pelanggan Behaviour”. Target yang sangat menantang di tahun mendatang, membuat semua bagian dari organisasi harus berjuang untuk dapat mencapai tujuan yang telah di tetapkan bersama.
TUJUAN
Tujuan utama dari pelatihan ini adalah mampu memahami manajemen pemasaran dan penjualan, pengetahuan proses perencanaan pemasaran penyusunan strategi pemasaran, dan teknik penjualan
MANFAAT
Mampu memahami manajemen pemasaran dan penjualan, konsep strategi pemasaran dan penjualan
Mampu memahami tools pemasaran, orientasi perusahaan terhadap pasar, memberikan nilai dan mempertahankan pelanggan (Customer Relation)
Mampu membuat analisa permintaan pasar, pencarian peluang/sasaran pemasaran, menganalisis pasar, dan segmentasi konsumen dan perilaku konsumen
Mampu membuat rencana program operasional dan marketing plan yang efektif
Mampu menyelaraskan marketing dengan policy, systems, dan prosedur perusahaan
Mampu mengembangkan strategi pemasaran dan penjualan juga strategi implementasinya
Mampu memahami teknik-teknik penjualan
OUTLINE
1. Pengenalan Marketing
Definisi marketing dan pengertian mengapa marketing sebagai mesin yang mengendalikan semua strategi bisnis saat ini
Peran manager marketing dalam menentukan Arah kebijakan dan strategi dari perusahaan
Bagaimana marketing meyesuaikan diri dengan organisasi
2. Tentang Marketing Mix
Menggali dan mengaplikasikan Komponen 4P dari Marketing Mix
Perbedaan mendasar Marketing dan Sales
Mengerti dan aplikasi dari kelebihan Sustainable Competitive Advantage sebagai strategi marketing inti
Menganalisa akibat dari program marketing pada Top dan Bottom Line Perusahaan
3. Strategic Marketing Plan
Mengenal dan mengerti piramida Strategic Planning
Membangun SMART Goals and Objectives
Mengerti dan menganalisa Mission Statement
Menulis Pernyataan Positioning
Mengadakan analisa SWOT
Format and Develop a Product or Service Annual Plan for Any Product or Service
4. Writing Marketing Plan
Menguji bisnis anda: dimana posisi saat ini dan kemana tujuan anda
Memperjelas tujuan inti dari semua elemen dalam marketing mix (Product, Price, Place, and Promotion)
Definisikan arah keseluruhan, total anggaran dari iklan dan promosi serta ekspektasi revenue
Mengidentifikasikan rencana riset dan test market kunci yang dibutuhkan untuk mendukung rencana anda
Membuat cetak biru rencana tindakan dengan batas waktu serta pencapaiannya
Mencari titik temu antara tujuan bisnis jangka panjang dengan kebutuhan mendesak dalam prioritas jangka pendek
Menggunakan tools untuk analysa dan optimasi sebagai alokasi sumber daya dan evaluasi terhadap perencanaan
5. Marketing Research
Definisi Market Research
Merancang Research Project
Mengenal langlah-langkah untuk merancang Research Project
Mengerti apa yang dibutuhkan untuk menhasilkan Effective Research
Mengaplikasikan Teknik Internet Research
Mengelola dan menghindari hambatan untuk melakukan Effective Research
6. Aligning Marketing and Sales: Achieve Success Through Collaboration
Kebutuhan dan keuntungan dari menyelaraskan marketing dan sales
Perspektif Marketing dan Sales : fokus pada account vs fokus pada product/market. Bagaimana elemen marketing mix melekat pada sales process
CRM : bergerak dari product/service orientation menuju customer orientation