Strategi Produk Bank
September 1, 2015
Jadwal Pelatihan Strategi Produk Bank
Tanggal | Tempat | Kota | Belum ada jadwal terbaru |
Instructor by : Herry Achmad Buchory
DESCRIPTION
Bank sebagai lembaga keuangan perlu mengkomunikasikan setiap produk yang mereka tawarkan. Hal ini dilakukan agar masyarakat mengetahui dan memiliki minat membeli manfaat dari produk yang di tawarkan sesuai dengan kebutuhannya dan keinginannya. Banyak bank menawarkan produknya, baik produk baru atau suatu pengembangan dari produk lama. Diantara mereka ada yang gagal dan tidak sukses dalam merebut kepuasan konsumen. Hal ini disebabkan karena pasar pembeli yang selalu berubah-rubah. Beberapa kepuasan nasabah yang dimaksud antara lain:
- Keamanannya terjamin atau penarikannya mudah dilakukan
- Mudah dan praktis,tidak berbelit-belit jika kita ingin mendepositokan uang dan mudah dipindahkan ke rekening giro atau tabungan serta mudah memindahkan dana dalam jumlah besar dan kecil.
- Rasa bangga menabung di bank yang bersangkutan.
MATERI TRAINING
A. Pengertian Produk
B. Tingkatan Produk dan Jasa
- Lima Tingkatan Produk
- Manfaat inti (core benefits)
- Manfaat dasar tambahan (basic product)
- Harapan produk (expected product)
- Kelebihan yang dimiliki produk (augmented product)
- Potensi masa depan produk (potensial Product)
- Tiga Konsep Dasar Jasa
- Jasa inti, yang terdiri dari manfaat atau jasa produk
- Jasa perseptibel
- Sumber daya manusia
- Tingkat mutu
- Waktu jasa
- Waktu tunggu
- Peralatan pendukung
- Kemasan dan pemberian label.
- Jasa tambahan
- Jaminan
- Kepercayaan
- Jasa-jasa lanjutan
C. Strategi Produk Bank
- Penentuan Logo dan Moto
- Memiliki arti
- Menarik perhatian
- Mudah diingat
- Memiliki ciri khas.
- Menciptakan merek
- Mudah diingat
- Terkesan hebat dan modern
- Memiliki arti
- Menarik perhatian
- Memiliki ciri khas.
- Menciptakan kemasan
- Keputusan label
D. Langkah-langkah Pengembangan Produk Baru
- Pembangkit Gagasan
- Penyaringan Gagasan
- Pengembangan dan Pengujian Konsep
- Strategi Pemasaran
- Analis Bisnis
- Pengembangan produk
- Pengujian Pasar
- Komersialisasi
E. Daur Hidup Produk
- Lima Tahap Daur Hidup Suatu Bank
- Tahap pengembangan produk yaitu produk yang masih berada dalam kandungan
- Tahap perkenalan, merupakan tahap setelah produk diperkenalkan ke pasar.
- Tahap pertumbuhan, pada tahap ini produk sudah diterima oleh pasar, dan penjualan sudah semakin besar, serta laba pun mulai meningkat dengan cepat.
- Tahap kedewasaan, dalam tahap ini penjualan terus meningkat dan akan mencapai puncak, kemudian turun secara perlahan akibat mulai masuknya pesaing. Pada tahap ini perusahaan harus melakukan beberapa modifikasi untuk mempertahankan keunggulannya, yaitu:
- Modifikasi pasar
- Modifikasi produk,
- Modifikasi program pemasaran
- Tahap penurunan, dalam tahap ini penjualan menurun dengan cepat dan seiring dengan menurunnya penjualan maka laba pun semakin menurun dan pada akhirnya akan rugi.
Ada beberapa strategi yang dapat dilakukan perusahaan pada tahap ini agar dapat mempertahankan eksistensi perusahaan, yaitu
- Meningkatkan investasi perusahaan dalam bisnis tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan dominasi atau memperkuat posisi terhadap perusahaan pesaingnya.
- Mempertahankan level investasi perusahaan sampai ketidak pastian tentang industri itu terselesikan.
- Mengurangi level investasi perusahaan secara selektif, dengan melepas kelompok pelnggan yang tidak menguntungkan, sambil memperkuat investasi di tempat-tempat yang menguntungkan.
- Menuai investasi perusahaan untuk memulihkan kas secepatnya.
- Melepaskan bisnis itu secepatnya dengan menjual asetnya dengan cara yang paling menguntungkan. Hal ini sering dilakukan oleh perusahaan dengan menjual anak perusahaan yang tidak menguntungkan lagi agar perusahaan dapat fokus kepada bisnis intinya.
F. Evolusi Pasar
Yang harus dillakukan oleh perusahaan adalah merancang produk yang optimum untuk pasar, dimana terdapat tiga pilihan yang dapat diambil oleh perusahaan, yaitu:
- Produk baru yang dirancang untuk memenuhi salah satu relung pasar (strategi relung tunggall-singel niche strategi),
- Dua produk atau lebih diluncurkan bersamaan untuk menangkap dua bagian pasar atau lebih (strategi relung ganda-multiple niche strategy)
- Produk baru dapat dirancang untuk tengah-tengah pasar (strategi pasar massal-mass market strategy).
Jika penjual produk baru itu memuaskan, maka perusahaan baru akan memasuki pasar dan mengarah ketahap pertuimbuhan pasar.
Akhirnya para pesaing melayani semua segmen pasar utama dan pasar memasuki tahap kedewasaan. Namun kenyataan mereka bergerak lebih jauh dan menyerbu tiap segmen pesaing lain
Permintaan pasar akan produk mulai menurun, dan pasar akan memasuki tahap penurunan.
TRAINING METHOD
Presentation
Discussion
Case Study
Evaluation
FACILITIES
Training Kit
Handout
Certificate
Lunch + 2 X Coffee Break
Souvenir