PT Fresh Galang Mandiri

Profesional - Komitmen - Kualitas

Strategi Anti Fraud Banking

March 21, 2016

Strategi Anti Fraud Banking

Jadwal Pelatihan Strategi Anti Fraud Banking

TanggalTempatKota
Belum ada jadwal terbaru

DESRIPTION

Dengan bertumbuhnya Bank-bank dunia pada umumnya dan di Indonesia khususnya, maka bank perlu menerapkan prinsip manajemen resiko berupa pengendalian internal dan pelaksanaan tata kelola yang baik/Good Corporate Governance (GCG) untuk menjaga segala bentuk asset yang merupakan milik bank dan juga dana masyarakat yang terkumpul yang selanjutnya diserahkan kepada pihak-pihak yang membutuhkan. Maka bank perlu melaksanakan langkah preventif untuk mencegah timubulnya tindak pidana perbankan yang di lakukan oleh karyawan, baik yang melaksanakan tindak pidana secara perorangan maupun melalui kerjasama dengan pihak luar.

Salah satu langkah preventif mencegah timbulnya tindak pidana perbankan adalah dengan cara bank wajib menerapkan prinsip strategi anti fraud. Dengan demikian, maka setiap pihak akan merasa di awasi dalam tugasnya serta pihak lain juga akan merasa di awasi juga.

Pererapan strategi anti fraud di lakukan dengan mempertimbangkan proses, dokumen dan data-data internal yang dimiliki oleh bank serta data-data eskternal yang dalam hal ini dapat di lakukan dengan bekerjasama dengan pihak luar seperti aparat kepolisian. Oleh karena itu, dalam menerapkan strategi anti fraud diperlukan pengetahuan dan pengalaman atas tindak pidana yang yang sering terjadi di kalangan perbankan.

Melalui Pelatihan ini, kami akan memberikan penjelasan yang terperinci dari kasus-kasus perbankan yang ada di akhir-akhir sekarang ini. Selain itu dalam pelatihan ini kami juga akan memberikan penjelasan atas latar belakang, pengertian, teknik identifikasi fraud serta cara penanganannya.

BENEFIT

  • Mengetehui kasus-kasus yang biasa terjadi dalam dunia perbankan baik secara global dan spesifik
  • Meningkatkan pemahaman dan kemampuan praktis peserta dalam penerapan manajemen risiko operasional
  • Mengidentifikasi tindak pidana yang di lakukan oleh oknum karyawan secara perorangan maupun fraud yang di lakukan bekerja sama dengan unit/divisi bahkan yang melibatkan ekternal secara sistematis
  • Menerapkan strategi anti fraud dan mampu mengantisipasi fraud dari sedini mungkin serta diharapkan dapat menangani tindak pidana yang terjadi
  • Mengenali modus-modus tindak kecurangan yang biasa terjadi
  • Mengidentifikasi kemungkinan oknum/pelaku kecurangan
  • Melakukan pencegahan penipuan sebelum terjadi
  • Membuat Pelaporan temuan atas prosedur tindak kecurangan

MATERI

1. Topik Coverage

  • Pengertian fraud
  • Jenis-jenis fraud
  • Know Your Employee
  • Pengertian tindak pidana perbankan
  • Penanganan kasus tindak pidana perbankan
  • Kasus-kasus tindak pidana perbankan

2. Mengenali jenis-jenis kegagalan operasional bank

  • People risk
  • Process risk (model, transaksi, dan kegiatan operasional)
  • System and technology risk
  • External party risk
  • Natural disaster risk.

3. Faktor-faktor yang menyebabkan peluang fraud pada bank

4. Strategi Anti Fraud

  • Konsep strategi anti fraud
  • Early Warning Sign
  • Fraud Detection

5. Cara Mendeteksi Fraud pada aktifitas perbankan

6. Peran BI dan PPATK dalam antisipasi terjadinya Fraud

7. Solusi menghadapi Fraud

  • Litigasi
  • Penelusuran aliran dana
  • Penyediaan data

8. Reporting Fraud Procedures

9. Contoh-contoh Kasus Fraud

  • Fraud di bidang kredit
  • Fraud di bidang operation
  • Fraud di bidang IT

PARTICIPANTS

Peserta yang diharuskan mengikuti pelatihan ini antara lain: Directors, Operational Managers, Auditor Internal serta Divisi Kepatuhan & Manajemen Risiko, dan bagi semua staff yang akan/ingin mempelajari tentang Anti Fraud di dunia Perbankan.

TRAINING METHOD

Presentation

Discussion

Case Study

Evaluation

FACILITIES

Training Kit

Handout

Certificate

Lunch + 2x Coffee Break

Souvenir

Pick Up Participant

Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Strategi Anti Fraud Banking
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi
error: Content is protected !!