PT Fresh Galang Mandiri

Profesional - Komitmen - Kualitas

Receivable And Collection Management

March 9, 2015

Receivable And Collection Management

Jadwal Pelatihan Receivable And Collection Management

TanggalTempatKota
Belum ada jadwal terbaru

Instructor by : Januar Eko Prasetyo

DESCRIPTION

Pelatihan ini dirancang secara khusus untuk membekali Anda dengan konsep dan metode dalam menganalisa customer (analisa credit), pengelolaan piutang beserta sistem yang efektif dalam penagihannya sebagai bagian dari penataan arus kas di perusahaan Anda.
Kualitas penjualan dapat dikatakan baik apabila penjualan tersebut dapat menghasilkan cash (ter-collect). Penjualan yang tinggi tidak akan ada arti apa-apa apabila pada akhirnya tidak bisa ter-collect. Menyadari hal tersebut saat ini banyak perusahaan mulai menaruh perhatian besar terhadap receivable dan collection. Fungsi penjualan tidak dapat berdiri sendiri dengan hanya ingin mencapai target penjualan saja. Perusahaan harus dapat menyeimbangkan antara target penjualan dan collectibility dari client.

TUJUAN & MANFAAT

  • Membekali peserta dengan teknik yang aplikatif dalam menganalisa faktor-faktor resiko kredit melalui pemahaman calon customer, apa saja yang perlu diketahui, bagaimana caranya dan bagaimana menarik kesimpulan dari analisa tersebut
  • Membekali teknik melakukan analisa credit apabila tidak tersedia laporan keuangan calon customer serta analisa kualitatif
  • Meningkatkan kemampuan peserta dalam menganalisis dan mengendalikan piutang
  • Meningkatkan kemampuan peserta dalam mengenali kecurangan dan mengontrol Receivable
  • Meningkatkan pemahaman peserta mengenai dasar-dasar perhitungan di dalam management Collection serta sistem Collection yang terukur, terorganisir dan terkendali  Membekali peserta dengan strategi-strategi dalam pengelolaan management collection yang handal
  • Membekali peserta dengan teknik negosiasi yang efektif sebagai bagian dari upaya peningkatan produktifitas collector

COURSE OUTLINE

1. Credit Risk Management

  • Faktor-faktor resiko kredit yang perlu dianalisa
  • Menentukan tingkat resiko dan exposure
  • Analisa Laporan keuangan : 6 ratio dan CFFO
  • Menentukan credit terms, credit limit, dan scoring
  • Analisa keuangan dengan dan tanpa laporan keuangan
  • Analisa kualitatif
  • Teknik menganalisa “character”

2. Receivable Management

  • Konsep piutang dan hutang (dagang dan non dagang) : PSAK dan IFRS
  • Pengertian Piutang dan dampaknya terhadap Arus Kas
  • Analisis Aging Schedule yang menyeluruh
  • Kecurangan yang berkaitan dengan Receivable
  • Control Receivable
  • Pengaruh mata uang asing pada receivable dan penangulangannya
  • Pengukuran kinerja collection

3. Collection Strategy

  • Goals, Strategy dan Proses
  • Keterkaitan antara Strategi Penjualan dan Penagihan
  • Kebijakan dan Prosedur Penagihan
  • Teknik-Teknik Penagihan (Telepon, Surat, dan Kunjungan)
  • Aspek hukum
  • Memahami Karakter Pelanggan

a. Tipe-Tipe Pelanggan
b. Teknik Menghadapi Berbagai Tipe Pelanggan
c. Teknik Menghadapi Pelanggan Nakal

  • Langkah-Langkah Efektif dalam Penagihan dan Menghadapi Keberatan Pelanggan
  • Model Pengukuran Kinerja

4. Corporate Collection Management

  • Memahami tingkat tawar menawar dalam menentukan strategy collection
  • Konsep serta Aplikasi dalam menjalankan collection process
  • Teknik dalam menghadapi customer yang “nakal”
  • Negotiation Skill for Collector

PARTICIPANT

Collection Manager/Officer, Financial Controller, and Internal Controller, General Manager, Finance Manager/Officer, Accounting Manager/Officer, Cash/Receivable Manager, dan Staf Profesional perusahaan lainnya yang ingin memahami lebih jauh mengenai pengelolaan piutang.

TRAINING METHOD

Presentation

Discussion

Case Study

Evaluation

FACILITIES

Training Kit

Handout

Certificate

Lunch + 2 X Coffee Break

Souvenir

Pick Up Participants (Yogyakarta)

Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Receivable And Collection Management
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi
error: Content is protected !!