PT Fresh Galang Mandiri

Profesional - Komitmen - Kualitas

Public Relation, Media Relations and Corporate Communication

April 5, 2017

Public Relation, Media Relations and Corporate Communication

Jadwal Pelatihan Public Relation, Media Relations and Corporate Communication

TanggalTempatKota
Belum ada jadwal terbaru

DESKRIPSI

Public Relation, Media relation dan Corporate Communication merupakan bagian-bagian yang saling berhubungan karena kunci dari ketiganya adalah komunikasi yang baik terutama pelayanan bagi pihak eksternal perusahaan. Sehingga harus diperhatikan mekanisme penyampaian informasi dan pengenalan media apa saja yang dapat digunakan secara efektif sehingga dapat membangun citra perusahaan di mata stakeholder. PR (Public Realtion) menjadi syarat utama bagi perusahaan yang harus dimiliki karena PR merupakan gerbang pertama dalam peranan Corporate Communication di dalam sebuah instansi atau perusahaan. Karena di dalam PR, pihak luar akan mengetahui eksistensi sebuah perusahaan “siapa” dan “ bagaimana” dan keberadaan produk-produk apa saja yang dihasilkan dan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. Sehingga SDM harus dapat memahami kemampuan untuk menjalankan tugas kehumasan dengan baik sesuai dengan prinsip dan standar kehumasan agar terjalin relasi yang baik dengan media massa. Karena melalui media inilah dapat membentuk citra perusahaan di mata masyarakat dan stakeholder.

TUJUAN

Setelah mengikuti pelatihan ini, diharapkan peserta dapat :

  • Meningkatkan pemahaman bahwa Public Relations, Media Relation dan Corporate Communication adalah bagian krusial yang saling berhubungan satu sama lain dan sangat penting bagi perusahaan;
  • Memahami tentang peran komunikasi perusahaan, mekanisme dalam penyampaian informasi dan berbagai aktivitas untuk menjalin komunikasi dengan media serta troubleshooting dalam corporate communication;
  • Dapat sharing pengalaman, pengetahuan dan keterampilan berkaitan dengan metode, konsep, strategi, serta teknik menjalin hubungan media untuk mendukung profesionalisme kerja;
  • Menjalin relasi yang baik dengan media, dari konsep, strategi, sampai aplikasinya;
  • Mendapatkan technical guide (panduan teknis) terkait dengan media, baik media cetak & elektronik;
  • Mampu menyusun program PR yang efektif sesuai kebutuhan komunitas dan publik terkait;
  • Mampu melakukan presentasi, press conference & memiliki keterampilan menulis press release;
  • Mampu mengkomunikasikan berbagai ide, melaksanakan rancangan program kepada berbagai kelompok masyarakat sasaran organisasi, dan menarik simpati untuk mendapatkan pengertian, pengakuan, dan dukungan publik.

MATERI

1. Konsep Komunikasi Perusahaan (Corporate Communication)

  • Konsep Komunikasi dan Pelayanan prima
  • Peran dan Manfaat Komunikasi bagi perusahaan
  • Karakter Pelayanan Perusahaan

2. Perencanaan komunikasi perusahaan

3. Jenis model komunikasi

4. Peranan Public Relations dalam perusahaan/organisasi:

  • Fungsi dan peranan PR
  • Manfaat PR
  • Kedudukan PR dalam organisasi

5. Dasar-dasar dan Strategi Efektif PR

  • Memahami opini publik
  • Teknik menyusun program PR yang efektif sesuai dengan kebutuhan komunitas dan publik terkait

6. Perencanaan Kerja PR

  • Proses kegiatan PR
  • Langkah-langkah kegiatan
  • Hambatan-hambatan

7. Management Crisis

  • Apa itu krisis
  • Katagori krisis dan bentuknya
  • Manajemen Krisis dan Citra Perusahaan/Organisasi
  • Penanggulangan krisis
  • Masa dan setelah krisis

8. Corporate Image Identity

  • Membentuk opini public
  • Sifat dari opini publik
  • Membentuk citra perusahaan/lembaga/institusi

9. Identifikasi audience expetation/stakeholder

10. PR dan Marketing Service:

  • Prinsip-prinsip dasar
  • Marketing Development Strategy
  • Marketing Communication Strategy

11. Customer Behavior

  • Menentukan target audience
  • Karakteristik konsumen
  • Elemen dasar dari proses conditioning

12. Mekanisme penyampaian informasi kepada publik dan stakeholder

13. Pengenalan Berbagai jenis media, aktivitas media, karakter media

14. Mengembangkan press relies dan Hubungan dengan Media (Media Relations)

15. Media Relations, Press Release dan Pidato:

  • Pengertian dan kegiatan
  • Menulis Press Release
  • Jenis-jenis pidato
  • Pidato, format dasar – general model dan model rinci

16. Press Conference – tindak lanjut Media Relations:

  • Mengapa Press Conference
  • Beberapa ‘tipe’ penyelenggaraan
  • Aktifitas dalam Press Conference

17. Media Control (Ownership vs Control of Media)

18. Teknik mengatasi miss communication dan krisis komunikasi dengan stakeholder dan media

19. Studi kasus

PESERTA

  • Public Relation Staffs & manager, General Affair Staffs & Manager
  • Superintendent, Manager, Specialist, Formalities Staffs
  • Corporate Communications, Corporate Secretary
  • Para profesional atau staff yang dalam pekerjaan rutinnya berhubungan dengan media/publik

TRAINING METHODE

Presentation

Discussion

Case Study

Evaluation

FACILITY

Training Kit

Handout

Certificate

Lunch + 2x Coffee Break

Souvenir

Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Public Relation, Media Relations and Corporate Communication
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi
TAGS , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
error: Content is protected !!