PT Fresh Galang Mandiri

Profesional - Komitmen - Kualitas

Penyusunan SOP for Bank

January 15, 2020

Penyusunan SOP for Bank

Jadwal Pelatihan Penyusunan SOP for Bank

TanggalTempatKota
Belum ada jadwal terbaru

DESCRIPTION

SOP (Standard Operating Procedure) yang dapat diartikan sebagai Who Does What and How merupakan salah satu metode kerja yang dibuat sebagai panduan untuk memastikan bahwa proses bisnis berjalan sesuai rencana, standar dan aturan untuk kepuasan pelanggan baik internal maupun eksternal. Kurangnya pelatihan tentang teknik dan metode penulisan SOP menjadi penyebab para penyusun atau penulis SOP tidak memahami dengan benar bagaimana membuat SOP yang efektif. SOP yang mudah dipahami terbukti meningkatkan produktifitas kerja dan dapat meningkatkan hubungan kerja yang harmonis antar bagian/proses. Namun, apabila SOP tidak mudah dipahami dan menimbulkan multi tafsir dapat membuat kesalahan kerja dan pada akhirnya merugikan pelanggan.

Pelatihan Penyusunan SOP for Banks ini akan menunjukkan keefektifan sebuah Standard Operating Procedure di industri bank, dimana dapat dilihat dari :

  • Sejauh mana ia digunakan dan memberi nilai tambah
  • Sejauh mana ia digunakan dan dapat menyamakan persepsi antar bagian/departemen
  • Sejauh mana ia dapat berfungsi sebagai pengendali dan pemantau kinerja proses

Apabila SOP ditempat kerja anda tidak demikian, anda wajib meninjau ulang SOP atau bahkan menulis ulang SOP yang ada. 

MATERI

  • Apa bedanya Prosedur dengan SOP, Instruksi kerja, Pedoman Kerja, Protap, Juklak, Juknis, User/Operating Manual, dll?
  • Bagaimana membedakan dan membuat Pedoman dan Panduan?
  • Mengapa prosedur penulisan harus dibuat terlebih dahulu, dan bagaimana membuatnya?
  • Bagaimana membuat Prosedur berbasis Proses?
  • Mengapa SOP Teknis sudah tidak disyaratkan lagi oleh ISO 9000, dan apakah 6 Prosedur Manajemen yang diwajibkan?
  • Bagaimana mengantisipasi Prosedur yang dinamis oleh karena Peraturan Bank Indonesia (PBI) yang sering bertambah dan berubah?
  • Bagaimana membuat Hirarki Dokumen dari PBI hingga Prosedur dan Instruksi Kerja?
  • Apakah 3 Anatomi SOP yang mendasar (Format, Elemen dan Atribut)?
  • Mengapa SOP tidak boleh dibuat atas dasar ”Write what you do”?
  • Bagaimana merubah fungsi SOP sebagai alat pandu menjadi alat pandu dan alat ukur, alat kendali, alat audit, alat reward and punish?
  • Bagaimana membuat SOP dengan dua macam profil pengguna (Pemula dan Ahli)?
  • Kapan harus menambahkan masa berlaku SOP?
  • Mengapa Flowchart tidak dimulai dengan ”Start” atau ”Mulai”?
  • Bagaimana mengintegrasikan SOP dengan Risk Management, Key Performance Indicator dan Service Level Agreement?
  • Mengapa kebanyakan Penulis hanya menggunakan Format Narration dan Flowchart, dan tidak tahu bahwa Anotated Pictorial atau Video sering kali lebih efektif?
  • Bagaimana mengendalikan SOP dengan Document Control dan Master Lists?
  • Mengapa SOP yang dibuat berbasis Struktur dan Uraian Kerja tidak sehandal apabila dibuat berbasis Process Business Map?
  • Mengapa SOP harus berbatas Waktu (SOP Lifecycle)?
  • Bilamana SOP diberi tanda (Distempel) ”Controlled”, ”Uncontrolled”, ”Archieved” atau ”Obsolete”?

TRAINING METHOD

Presentation

Discussion

Case Study

Evaluation 

FACILITY

Training Kit

Handout

Certificate

Lunch + 2x Coffee Break

Souvenir

Pick Up Participant (Yogyakarta)

 

 

Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Penyusunan SOP for Bank
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi
error: Content is protected !!