Penyempurnaan Fungsi Kepatuhan, Perbaikan Kerangka Prosedur dan Identifikasi Kinerja
June 2, 2016
Jadwal Pelatihan Penyempurnaan Fungsi Kepatuhan, Perbaikan Kerangka Prosedur dan Identifikasi Kinerja
Tanggal
Tempat
Kota
Belum ada jadwal terbaru
DESKRIPSI
Bank sebagai lembaga yang highly regulated wajib memastikan seluruh regulasi, baik yang diterbitkan OJK maupun BI dapat dijalankan dengan benar, mengedepankan fungsi preventif, dan memiliki target kinerja yang terukur. Idealnya, divisi/unit ini terdiri dari individu-individu yang menguasai dan memahami seluk beluk regulasi, baik dalam tata cara penanganannya maupun mengantisipasinya sehingga dengan potensi sanksi/pinalti/denda yang ditetapkan dalam aturan tersebut. Seluruh potensi risiko tersebut dapat dikendalikan jika proses pemahaman dan sosialisasi berjalan sebagaimana mestinya.
TUJUAN
Memperoleh masukan (perbaikan) untuk penyempurnaan SOP Kepatuhan.
Mencegah terjadinya kegagalan/kelalaian bank memenuhi regulasi yang berlaku.
Secara strategis mampu melakukan pemetaan (pembentukan kelompok) regulasi (BI dan OJK) yang memiliki dampak tertentu, khususnya yang berdampak signifikan secara finansial (denda) sampai dengan yang bersifat normatif.
Peserta dapat melakukan pengawasan yang stratejik, yaitu melalui profiling karakter regulasi, dimulai dari yang sangat sederhana sampai dengan mengandung unsur self assessment.
2. Pemetaan Regulasi Berdasarkan Risiko dan Urgensinya
Kategori Regulasi: Penting dan Mendesak
Bank wajib memahami secara utuh dan mendalam regulasi yang tergolong dalam kategori ini, baik bentuk implementasi, laporan, dan sanksinya, selain itu harus mampu disosialisasikan dengan sempurna kepada para pihak terkait. Regulasi ini wajib dipantau secara rutin (setiap hari/minggu/bulan) guna mencegah kegagalan implementasinya
Kategori Regulasi: Penting dan Tidak Mendesak
Bank wajib memahami secara utuh dan mendalam regulasi yang tergolong dalam kategori ini, tetapi memiliki ruang waktu dan ruang implementasi yang relatif masih leluasa sehingga dapat direncanakan lebih berhati-hati dan disesuaikan dengan jadwal unit/divisi terkait. Review implementasi regulasi dapat dilakukan setiap bulan/ triwulan/semester
Kategori Regulasi: Kurang Penting dan Mendesak
Kategori ini memberikan informasi regulasi yang mendesak untuk dilaksanakan tetapi memiliki dampak yang relatif tidak signifikan, baik bagi kesehatan bank dan besaran risiko/sanksinya
Kategori Regulasi: Tidak Penting dan Tidak Mendesak
Kategori ini relatif berbeda-beda untuk setiap bank, sangat ditentukan dengan syarat tertentu yang harus dipenuhinya, misalnya sesuai dengan kelompok BUKU bank, jenis (kepemilikan), dan faktor-faktor lainnya sehingga regulasi pada kelompok ini dapat saja diabaikan (sekedar untuk diketahui)
3. Analisa Struktur Prosedur Kerja (SOP) dalam Divisi Kepatuhan
Kerangka (Outline) yang Wajib Dipenuhi
Sub/Bagian yang Wajib Diperhatikan Agar Konsisten Disempurnakan
Contoh Draft SOP Kepatuhan
4. Alat Ukur Kinerja Divisi Kepatuhan dan Cara Sederhana Pengukurannya
METHOD TRAINING
Presentation
Discussion
Case Study
Evaluation
FACILITIES
Training Kit
Handout
Certificate
Lunch + 2x Coffee Break
Souvenir
Form Pre-Registrasi
Data Materi Training
Topik Training
: Penyempurnaan Fungsi Kepatuhan, Perbaikan Kerangka Prosedur dan Identifikasi Kinerja