Tanggal | Tempat | Kota |
---|---|---|
Belum ada jadwal terbaru |
DESCRIPTION
Organisasi dituntut untuk terus berkembang jika ingin tetap bertahan (survive), Pengembangan organisasi memfokuskan pada perubahan, dan perubahan merupakan hal yang tidak dapat dihindarkan oleh setiap organisasi. Setiap organisasi akan merubah dirinya sesuai dengan tuntutan lingkungan yang ada. Organization Development (Pengembangan Organisasi) adalah suatu proses yang direncanakan dalam mengembangkan/mengubah/memodifikasi organisasi agar lebih efektif dalam rangka pencapaian tujuan organisasi/perusahaan. Organization Development (OD) secara garis besar meliputi 3 (tiga) hal yang saling terkait, yakni :
Pengembangan organisasi, dari hari ke hari semakin menjadi aktivitas yang krusial bagi Perusahaan. Perkembangan lingkungan organisasi yang begitu cepat sulit dibendung efeknya bagi organisasi. Karena satu-satunya cara adalah untuk organisasi bisa secara berkesinambungan melakukan respon optimal terhadap berbagai perubahan tersebut, termasuk perubahan kepentingan dari para stake holders.
Sistem, orang dan budaya selalu menjadi 3 faktor yang akan menentukan competitive advantage seperti apa yang akan dibangun Perusahaan. Recruitment yang berhasil mendatangkan orang yang berkualitas akan menjadi ‘percuma’ bila sistem yang ada di Perusahaan tidak bisa memfasilitasi munculnya kinerja yang diharapkan dari orang tersebut. Organization Development Professionals mempunyai peran sentral dalam membantu mengelola perubahan organisasi yang ada agar selalu dapat menjadi ‘wadah’ yang memfasilitasi munculnya kinerja yang diharapkan.
Pengembangan Organisasi di dalam sebuah organisasi merupakan payung bagi Divisi Human Resource untuk melakukan aktifitas operasionalnya. Dalam tugas ini, organisasi development bertugas menjembatani atau mensosialisasikan strategi perusahaan kepada semua divisi yang ada di organisasi.
Dalam implementasi strategi perusahaan, program Pengembangan Organisasi menjembatani dalam tanggung jawabnya mengembangkan struktur organisasi, budaya organisasi dan fungsi-fungsi yang ada dalam Human Resource Management. Disajikan bersama contoh aplikatif dari kasus-kasus lokal, pelatihan ini akan available untuk dijadikan para praktisi MSDM sebagai benchmark permasalahan yang pernah dialami di perusahaannya. Setelah mengikuti pelatihan ini, anda diharapkan mampu menjadi konsultan internal di perusahaan masing-masing.
OBJECTIVES
COURSE OUTLINE
1. Organization Development merupakan jawaban terhadap perubahan
2. Definisi, peran dan job desc dari Organization Development Professionals
3. Kompetensi dan skill yang dibutuhkan untuk berhasil
4. Membuat perencanaan dan evaluasi dari suatu unit/department Organization Development (OD)
5. Meningkatkan efektivitas keterkaitan antar department Organization Development dan unit-unit organisasi lainnya
6. Mengaitkan inisiatif Organization Development dengan arah strategis perusahaan
7. Analisis kepentingan stake holders dan inisiatif Organization Development (OD)
8. Prinsip-prinsip dalam mengelola perubahan organisasi
9. Mengevaluasi kesiapan organisasi untuk berubah dan menentukan strategi perubahan
10. Tahapan dan metode audit organisasi & proses identifikasi SWOT organisasi
11. Mengelola proses perubahan organisasi dan mempersiapkan struktur untuk mendukung perubahan
12. Mengoptimalkan komponen Organization Development
13. Berbagai tools dan intervensi dalam Organization Development (OD)
14. Link antara job, struktur, komponen dan desain organisasi
15. Mengembangkan organisasi secara berkelanjutan melalui learning organization dan knowledge management
16. Kunci Organization Development yang berhasil
17. Membuat perencanaan dan evaluasi dari suatu unit/department Organization Development
18. Bagaimana mengaitkan inisiatif Organization Development dengan arah strategis perusahaan
19. Analisis kepentingan stake holders dan inisiatif Organization Development
20. Metodologi pengumpulan data di dalam Organization Development
21. Memonitor dan mengukur efektivitas suatu intervensi Organization Development
22. Memahami berbagai komponen sistem :
23. Mengembangkan organisasi secara berkelanjutan melalui Learning Organization Knowledge Management
24. Efektivitas organisasi
25. Desain Struktur Program
26. Pengembangan dan Perubahan Organisasi
27. Perilaku Organisasi
28. Pengembangan Budaya
29. Manajemen Sumber Daya Manusia
PARTICIPANT
Para Praktisi SDM, Khusus Bagian Pengembangan Organisasi
TRAINING METHOD
Presentation
Discussion
Case Study
Evaluation
FACILITIES
Training Kit
Flash disk
Handout
Certificate
Lunch + 2x Coffee Breaks
Souvenir
Pick Up Participant (Yogyakarta)
Data Materi Training | |
Topik Training | : Organization Development |
Link | |
*Jumlah Peserta | Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan |
*Nama Peserta Yang Didaftarkan | |
Personal Data | |
*Nama | |
*Jabatan | Jabatan/Divisi/Departement |
*Nama Perusahaan | |
*Alamat Perusahaan | |
*Email Perusahaan | |
*Email Alternatif | eg: gmail, yahoo, hotmail |
*Telepon Kantor | |
Ekstensi | |
*Handphone | |
* Harus di isi | |