PT Fresh Galang Mandiri

Profesional - Komitmen - Kualitas

Mutu Pelayanan Rumah Sakit

September 28, 2015

Mutu Pelayanan Rumah Sakit

Jadwal Pelatihan Mutu Pelayanan Rumah Sakit

TanggalTempatKota
Belum ada jadwal terbaru

DESCRIPTION

Hakikat dasar dari rumah sakit adalah pemenuhan kebutuhan dan tuntutan pasien yang mengharapkan penyelesaian masalah kesehatannya pada rumah sakit karena dianggap rumah sakit mampu memberikan pelayanan medis sebagai upaya penyembuhan dan pemuluhan rasa sakitnya dan pasien mengharapkan pelayanan yang siap, cepat, tanggap dan nyaman terhadap keluhan penyakitnya. Kepuasan pasien dapat dipengaruhi oleh mutu pelayanan kesehatan yang diberikan oleh rumah sakit kepada providernya, dimana mutu pelayanan kesehatan bagi pasien berarti empati, respek dan tanggap akan kebutuhannya. Oleh karena itu mutu pelayanan kesehatan pada rumah sakit itu penting karena dilihat dari timbal balik yang akan diperoleh oleh rumah sakit itu sendiri.

Kualitas jasa pelayanan kesehatan yang diberikan oleh rumah sakit kepada pasien akan menentukan baik-buruknya citra rumah sakit. Rumah sakit yang mempunyai citra baik adalah rumah sakit yang dapat menciptakan jasa pelayanan kesehatan yang berkualitas sehingga pasien merasa puas dengan jasa pelayanan yang diterima dan sebaliknya. Dengan demikian baik-buruknya citra rumah sakit akan sangat ditentukan oleh tingkat kepuasan pasien selaku pengguna jasa pelayanan. Citra baik rumah sakit akan berimbas pada meningkatnya profitabilitas rumah sakit, sebaliknya citra buruk akan berimbas pada menurunnya profitabilitas rumah sakit. Oleh sebab itu, keberadaan rumah sakit sebagai salah satu organisasi yang bergerak di bidang jasa pelayanan kesehatan diharapkan mampu memelihara dan menjaga kualitas produk jasa layanannya dengan fokus kepada pelanggan (pasien). Jasa pelayanan kesehatan mempunyai karakteristik yang berbeda dengan produk barang (fisik).

TUJUAN

  • Pemahaman staf terhadap tingkat mutu pelayanan yang ingin dicapai.
  • Meningkatkan efektifitas pelayanan yang diberikan.
  • Mendorong serta meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan pelayanan kesehatan.
  • Melindungi pelaksana pelayanan kesehatan dari gugatan hukum.
  • Tujuan akhir adalah semakin meningkatnya mutu pelayanan

OUTLINE

1. Pengertian Mutu Pelayanan Rumah Sakit

2. Indikator Mutu Pelayanan Rumah Sakit

3. Dimensi Mutu Pelayanan Rumah Sakit

  • Dimensi kompetensi tehnis
  • Dimensi keterjangkauan atau akses (geografis, sosial ekonomi, organisasi, bahasa).
  • Dimensi efektivitas pelayanan kesehatan.
  • Dimensi efisiensi pelayanan kesehatan.
  • Dimensi kesinambungan pelayanan kesehatan.
  • Dimensi keamanan (pasien dan tenaga kesehatan).
  • Dimensi infra struktur dan kenyamanan.
  • Dimensi informasi.
  • Dimensi ketepatan waktu.
  • Dimensi Hubungan Antar Manusia

4. Inovasi Menjaga Mutu Rumah Sakit

5. Faktor-Faktor Penentu Mutu Pelayanan Rumah Sakit

6. Manajemen Mutu Pelayanan Rumah Sakit

7. Perencanaan Mutu Pelayanan Rumah Sakit

8. Pengendalian Mutu Pelayanan Rumah Sakit

9. Peningkatan Mutu Pelayanan Rumah Sakit

TRAINING METHOD

Presentation

Discussion

Case Study

Evaluation

FACILITIES

Training Kit

Handout

Certificate

Lunch + 2 X Coffee Break

Souvenir

Pick Up Participant

Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Mutu Pelayanan Rumah Sakit
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi
error: Content is protected !!