Jadwal Pelatihan Manajemen Struktur Penggajian dan Permasalahannya
Tanggal
Tempat
Kota
Belum ada jadwal terbaru
DESKRIPSI
Para pelaku bisnis dan manajemen merasakan bahwa semakin lama biaya remunerasi pekerja yang pada saat ini sudah mencapai angka antara 20 sampai 40 persen dari total biaya operasional dan tidak pernah ditemukan menurun tetapi kenaikannya cenderung lebih besar daripada kenaikan atau pertumbuhan laba bersih perusahaan. Sebaliknya, pemerintah dalam hal ini Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi mencoba untuk semakin dalam memasuki praktek pengelolaan sumberdaya manusia dalam perusahaan dengan menentukan berbagai sistem dan metoda antara lain dalam pengelolaan upah, gaji dan remunerasi umumnya. Sehubungan dengan itu maka pimpinan perusahaan harus segera memiliki pengetahuan yang cukup mendalam tentang isi Kepmenakertrans No.49 tersebut dan implikasinya bagi kebijakan dan sistem yang sekarang mereka sudah gunakan. Akhirnya, bagaimana mengambil keuntungan dari penerapannya bentuk struktur dan skala upah yang diatur oleh Kepmen tersebut.
TUJUAN
Memiliki pemahaman yang cukup mendalam tentang segala aspek dari manajemen penggajian dan imbalan karyawan perusahaan.
Memiliki pemahaman yang cukup mendalam tentang segala aspek dari Kepmenakertrans No.49/Men/2004 Apa tujuannya, isinya dan cara implementasinya.
Mampu merancang strategi, kebijakan dan sistem remunerasi yang tepat untuk perusahaan/organisasinya termasuk struktur dan skala upah/gaji yang sejalan dengan Kepmenakertrans No.49 tersebut.
Menyiapkan diri untuk mampu menguasai teknik-teknik yang lebih canggih yang digunakan dalam bidang penggajian dan imbalan yang tetap sejalan dengan Kepmenakertrans No.49 tersebut.
Mengetahui dan memahami sistematika penyusunan struktur penggajian mulai dari Job Analysis, Job Evaluation, Job Grading sampai dengan penyusunan struktur penggajian.
Memahami pentingnya Job Description dalam penyusunan struktur penggajian.
Mengetahui pengaruh Performance Appraisal dalam kompensasi yang diberikan perusahaan kepada karyawan.
Mengetahui serta memahami perbedaan antara posisi manajerial dan non manajerial
Mengetahui serta memahami non functional management yang minimal harus dikuasai dalam posisinya sebagai seorang manager
Mengetahui serta memahami perangkat pembantu (tools) yang dapat membantu dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai seorang manager
PESERTA
Peserta yang diharapkan untuk mengikuti pelatihan ini adalah :
Pimpinan Puncak Perusahaan
Para Eksekutif Perusahaan
Direktur dan Manajer Sumberdaya Manusia
Divisi Penggajian dan Kesejahteraan
MATERI
Prinsip-prinsip Manajemen Imbalan/Pengupahan
Job Grades: arti, manfaat dan cara membuatnya, Job grading sebagai piranti dalam penyusunan struktur penggajian
Evaluasi Jabatan (Pembahasan dan Latihan)
Teknik Melakukan Survey Imbalan
Membuat Struktur Patokan Upah (Wage Ranges) Mengacu ke Kepmenakertrans No.49/2004
Struktur Upah Fleksible dan Variabel
Pengenalan tentang 3p (pay for people, pay for position dan pay for performance)
Sistematika serta langkah-langkah menuju ke penyusunan penggajian
Mengenal analisa dan evaluasi jabatan
Pentingnya menetapkan mid point
Compa ratio sebagai alat bantu dalam menjaga keseimbangan penggajian
Latihan-latihan praktis untuk lebih memahami sistematika di atas
TRAINING METHOD
Presentation
Discussion
Case Study
Evaluation
FACILITIES
Training Kit
Flash disk
Handout
Certificate
Lunch + 2x Coffee Break
Souvenir
Form Pre-Registrasi
Data Materi Training
Topik Training
: Manajemen Struktur Penggajian dan Permasalahannya