Manajemen Konflik dan Penyelesaian Masalah
December 3, 2019
Jadwal Pelatihan Manajemen Konflik dan Penyelesaian Masalah
Tanggal | Tempat | Kota | Belum ada jadwal terbaru |
DESCRIPTION
Konflik merupakan sebuah realitas yang selalu akan melekat di tempat kerja. Hal ini disebabkan oleh adanya berbagai kepentingan individu dan kelompok yang menginginkan cara mereka menjadi pilihan dalam setiap keputusan. Oleh karena itu, sangatlah wajar bila organisasi merasa perlu untuk mengelola setiap konflik menjadi sebuah kekuatan yang mempersatukan setiap perbedaan. Konflik yang dibiarkan berkembang akan menciptakan masalah yang berujung pada pertentangan yang mengancam kekuatan organisasi. Konflik tidaklah boleh menjadi arena saling menghasut untuk mengaburkan visi organisasi ataupun menciptakan ketegangan yang mengganggu proses kerja organisasi.
Pelatihan Manajemen Konflik ini dirancang untuk membantu karyawan dan pimpinan agar dapat berpikir dan bertindak secara positif dan secara cerdas mengelola setiap konflik menjadi kekuatan yang mempersatukan organisasi dan stakeholders dalam satu visi yang terarah kepada sasaran yang tepat.
BENEFIT
- Membangun kesadaran untuk mengelola benih konflik sedini mungkin
- Mengembangkan kecerdasan emosi untuk mengendalikan konflik
- Mengatasi eskalasi konflik dan merubahanya menjadi energi positif
- Mampu memilih resolusi konflik yang sesuai dengan keadaan dan kebutuhan untuk mendapatkan hasil yang maksimal
- Cerdas mengelola emosi diri sendiri dan mempengaruhi orang lain secara emosional ketika dalam konflik
- Cerdas berinteraksi dengan orang lain dan mampu mengambil langkah yang tepat untuk menghindari konflik
- Cerdas menegosiasikan atas apa yang diinginkan dan beralih ke hasil menang-menang
- Mencegah konflik destruktif di tempat kerja
COURSE OUTLINE
1. Pemahaman Dasar dan Cara Menangani Konflik
- Memahami Cara Konflik Berevolusi
- Baik dan Buruk dari Konflik
- Siklus Hidup Konflik
- Meningkatkan Daya Tahan Diri saat Konflik Meningkat
- Kecerdasan untuk Mengelola Konflik
- Strategi dan Taktik yang Berbeda dalam Penyelesaian Konflik
- Menganalisis Konflik Berdasarkan Manfaat dan Kepentingan
- Teknik Menghindari Konflik
- Proses Pemecahan Konflik yang Efektif
- Resolusi Konflik
2. Kecerdasan Emosi untuk Mengelola Konflik
- Memahami Cara Emosi Mempengaruhi Konflik
- Memahami Cara Menghindari Pengambilan Keputusan saat Emosi dalam Kendali Negatif
- Cara Menggunakan Manajemen Kemarahan dalam Menyelesaikan Konflik
- Serangkaian Taktik Psikologis dalam Mengatasi Konflik
- Kecerdasan untuk Mengeksploitasi Sifat Baik Diri Sendiri
- Emosi-emosi Penyebab Utama Konflik
- Terhubung dan Berkomunikasi dengan Emosi Cerdas kepada Sesama Kolega dan Atasan
- Mencerdaskan Emosi untuk Menjadi Lebih Produktif dan Efektif
3. Pengendalian Diri dalam Menanggapi Situasi Konflik yang Meningkat
- Pendekatan yang Efektif untuk Memenangkan Konflik
- Sikap-sikap yang Dapat Digunakan untuk Pengendalian Konflik
- Ketenangan dan Daya Tahan Terhadap Energi Arogansi
- Kemampuan Pengendalian Diri Terhadap Pernyataan yang Samar-samar
- Menahan Serangan yang Sifatnya Kepribadian
- Cerdas Bersikap saat Konflik Dibesar-besarkan
- Cerdas Memahami Persepsi yang Menciptakan Konflik
- Cerdas Berinteraksi untuk Mencapai Perdamaian atas Konflik
- Memahami Bahwa Situasi Konflik yang Meningkat itu Tidak Produktif untuk Diri Sendiri dan Perusahaan
4. Cara Bernegosiasi dan Mencegah Konflik
- Bernegosiasi Secara Efektif untuk Mendapatkan Solusi (Win-Win)
- Prinsip-prinsip Negosiasi
- Cara Mengelola Konflik
- Menggunakan Strategi Negosiasi Mapan untuk Menyelesaikan Konflik
- Menggunakan Pihak Ketiga untuk Intervensi atas Konflik
- Sistem untuk Mencegah Konflik Destruktif
- Sumber Daya untuk Mengelola Konflik secara Efisien
- Jenis Intervensi dari Pihak Ketiga untuk Menyelesaikan Konflik
5. Problem Solving
- Teknik Identifikasi Masalah dan Analisis Penyebab Masalah
- Proses Pemecahan Masalah dan Pengambilan Keputusan
- Identifikasi Pilihan Alternatif
- Pengembangan Keputusan yang Tepat
- Perencanaan dan Pelaksanaan Strategi
- Pengambilan Keputusan Secara Individu dan Secara Mufakat
TRAINING METHOD
Presentation
Discussion
Case Study
Evaluation
FACILITY
Training Kit
Flash disk
Handout
Certificate
Lunch + 2x Coffee Breaks
Souvenir
Pick Up Participant (Yogyakarta)