Tanggal | Tempat | Kota |
---|---|---|
Belum ada jadwal terbaru |
DESCRIPTION
Pengetahuan yang memadai dan terbaru mengenai administrasi perkantoran perlu dimiliki oleh staff perusahaan, hal ini karena dengan berkembangnya zaman modern seperti sekarang ini, para staff dituntut untuk memiliki keahlian lebih terutama pada bidang teknologi informasi. Pengetahuan tersebut meliputi antara lain tentang pengelolaan informasi dan pelayanan tata usaha kantor. Maka dari itu training ini dirancang untuk para karyawan bagian administrasi agar dapat memiliki keahlian lebih sehingga dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan bisnis global yang semakin berkembang.
TUJUAN
Setelah mengikuti training ini diharapkan peserta dapat :
SASARAN
Pimpinan (Manajer/Supervisor/Head Section) atau support personnel (staf Administrasi/Sekretaris) yang terlibat dalam kegiatan administrasi kantor atau pengarsipan dokumen perusahaan
MATERI PELATIHAN
1. Paradigma dan Filosofi Administrasi Perkantoran Modern : Pengertian kantor dan administrasi perkantoran, Ruang lingkup administrasi perkantoran, Tujuan administrasi perkantoran, Karakteristik administrasi perkantoran modern
2. Perencanaan dan Pengorganisasian Kegiatan Kantor : Azas-azas manajemen perkantoran, Struktur organisasi kantor
3. Tata Ruang Kantor : Pengertian dan tujuan tata ruang kantor, Azas tata ruang kantor, Jenis tata ruang kantor, Fasilitas kantor, Penyusunan tata letak fasilitas kantor, Tata lingkungan kantor, Prinsip 5R dalam tata ruang kantor
4. Korespondensi : Pengertian, ciri, fungsi, dan jenis surat, Bagian-bagian surat, Format surat, Bahasa surat, Langkah-langkah penyusunan surat, Mengurus dan mengendalikan surat masuk dan surat keluar.
5. Pelayanan Telepon : Persiapan yang perlu dilakukan, Menerima telepon, Menelepon, Mencatat pesan-pesan melalui telepon, Kesalahan dalam bertelepon
6. Pelayanan Tamu : Syarat penting penerima tamu, Catatan identitas tamu, Pelayanan terhadap tamu
7. Dokumentasi dan Pengarsipan : Pengertian arsip dan pengelolaan arsip, Jenis arsip, Tujuan Pengelolaan Arsip, Penggandaan dan pendistribusian arsip, Penataan arsip (klasifikasi dan pengkodean arsip), Pemeliharaan dan penyimpanan arsip vital, Peminjaman arsip, Penyusutan arsip, Hal-hal yang harus diperhatikan dalam pengelolaan arsip
8. Penyusunan Standar Operating Procedure (SOP) : Pengertian dan pentingnya SOP, Simbol-simbol dalam SOP, Prinsip-prinsip dan teknik penyusunan SOP
9. Pengelolaan Inventarisasi : Pengertian inventarisasi, Pelaksanaan inventarisasi, Mutasi barang, Pemberian label dan kode barang, Penghapusan barang
10. Pengelolaan Waktu yang Efektif dalam Menangani Pekerjaan Kantor : Nilai waktu dan pentingnya pengelolaan waktu yang efektif, Teknik manajemen waktu : skala prioritas, delegasi, dan asertif
Identifikasi penyebab waktu terbuang percuma dan antisipasinya
11. Identifikasi penyebab waktu terbuang percuma dan antisipasinya, Mengelola rapat secara efektif dan membuat notulen yang baik
12. Otomatisasi Kegiatan Administrasi Perkantoran
METODE
Presentation
Discussion
Case Study
Evaluation
FASILITAS
Training Kit
Flash disk
Handout
Certificate
1x Lunch
2x Coffee Break
Souvenir
Pick Up Participant (Khusus Yogyakarta)
Data Materi Training | |
Topik Training | : Management Perkantoran Modern |
Link | |
*Jumlah Peserta | Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan |
*Nama Peserta Yang Didaftarkan | |
Personal Data | |
*Nama | |
*Jabatan | Jabatan/Divisi/Departement |
*Nama Perusahaan | |
*Alamat Perusahaan | |
*Email Perusahaan | |
*Email Alternatif | eg: gmail, yahoo, hotmail |
*Telepon Kantor | |
Ekstensi | |
*Handphone | |
* Harus di isi | |