Mencegah terjadinya fraud (kecurangan) yang diakibatkan dari karyawan internal.
Memahami sistim manajemen dan prosedur rekruitmen pekerja berbasis “Know Your Employee”.
Memiliki kemampuan mengimplementasi KYE di tempat kerja.
OUTLINE
1. Penerapan Sistem Dan Prosedur Rekruitmen Pekerja Berbasis KYE
Sistem dan proses seleksi karyawan yang efektif, obyektif dan transparan, terkait rekruitmen pekerja di posisi yang memiliki risiko tinggi terhadap fraud.
Seleksi awal pekerja melibatkan jajaran manajemen Kantor Cabang sebagai end-user pekerja sehingga dapat diperoleh gambaran mengenai karakter dan rekam jejak calon karyawan secara lengkap.
2. Pelaksanaan Seleksi Pekerja
Seleksi pekerja Bidang operasional dan layanan – calon pekerja yang berasal dari lingkungan lokal.
Pekerja yang memiliki kedekatan sosial-budaya dengan nasabah.
3. Pengenalan Pekerja
Pengenalan dan pemantauan karakter dan perilaku.
Pengenalan dan pemantauan lingkungan pekerja dan gaya hidup.
4. Penerapan Sistem Manajemen Terbuka
Cara Membangun Komunikasi antara manajemen dengan pekerja.
Cara Membangun keterbukaan Pekerja terhadap permasalahan yang dihadapi, baik berupa beban pekerjaan berlebih, permasalahan keuangan pribadi dan lainnya.
5. Manajemen Bank Harus Mengawal
Implementasi sistem whist leblowing berjalan baik sehingga dapat menjadi kontrol lingkungan yang efektif.
Memberikan dorongan dan kesadaran kepada pekerja untuk melaporkan fraud yang terjadi.
6. Reward and Punishment
Cara memberikan reward dan punishment pekerja terkait dengan kualitas pelayanan berdasarkan pada prinsip Know Your Employee.