PT Fresh Galang Mandiri

Profesional - Komitmen - Kualitas

Klaim Medis dan Verifikasi BPJS Rumah Sakit

February 11, 2019

Klaim Medis dan Verifikasi BPJS Rumah Sakit

Jadwal Pelatihan Klaim Medis dan Verifikasi BPJS Rumah Sakit

TanggalTempatKota
Belum ada jadwal terbaru

DESKRIPSI

Pada era dan situasi ekonomi yang sangat kompetitif saat ini, profesionalisme dan mutu pelayanan rumah sakit merupakan tuntutan utama bagi para peserta dan perusahaan pengguna jasa jaminan kesehatan masyarakat. Jaminan Layanan Kesehatan yang bermutu semakin menjadi tuntutan peserta dan perusahaan. Seiring juga dengan meningkatnya permintaan klaim medis seakurasi mungkin dalam prosedur penagihan. Hal ini semata untuk menghindari adanya berbagai konflik yang bisa terjadi antara rumah sakit dengan perusahaan jaminan kesehatan. Oleh karena itu adanya program jasa jaminan pelayanan kesehatan yang didukung oleh sumber daya manusia yang memadai baik dari sisi kompetensi dan keahlian sangat dibutuhkan dalam menyikapi tantangan bisnis dan era globalisasi kedepan.

Salah satunya peningkatan jumlah pengguna jasa jaminan pelayanan kesehatan dan beban kerja dirumah sakit yang meningkat pula menjadikan hal ini penting untuk disikapi dan dicermati sebaik mungkin. Survei dan data yang didapat pada tahun 2010 hingga sekarang jumlah penduduk miskin di indonesia mencapai 77 juta jiwa, dengan peserta BPJS adalah konsumen terbesar di Puskesmas, rumah sakit, RSU dan RSUD. Sesuai dengan UU No.40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) dan diundangkannya UU No.44 Tahun 2011 tentang Pelaksanaan Badan Pelaksana Jaminan Sosial (BPJS), jaminan kesehatan untuk seluruh rakyat Indonesia akan dimulai secara bertahap pada Tahun 2014. Tentunya apabila hal ini tidak disiasati dan ditanggapi serius akan berdampak pada beban kerja dan proses klaim medis yang meningkat. Data dari Kementrian Kesehatan saat ini, diperkirakan pada awal Tahun 2014, jumlah rakyat yang mempunyai jaminan berjumlah lebih dari 140 juta orang. Tentunya hal ini akan menjadi kendala tersendiri apabila seluk beluk dan proses administrasi klaim BPJS tidak dibekali sedini mungkin ke seluruh manajemen rumah sakit yang terlibat. 

TUJUAN

  • Memberikan pembekalan dan pengetahuan kepada peserta akan tantangan penyelenggaraaan jaminan kesehatan kedepan
  • Memberikan pengetahuan sekaligus skill kepada peserta agar mampu mengelola dan mengaplikasikan prosedur klaim BPJS sesuai dengan standar dan persyaratan
  • Diharapkan peserta mampu menyiapkan diri dan rumah sakitnya untuk mampu menghadapi tuntutan BPJS kedepan

MATERI

  • Prinsip dan Dasar-dasar Kerja Sama Asuransi, Baik dengan Pemerintah dan Pihak Swasta
  • Selection Aspect for Insurance Agreement
  • Billing System for Insurance
  • Factors Delay in Payment
  • Tips and Trik Delay in Payment and Denial of Payment by Insurer
  • Aspek Bahaya Moral dan Dampak Terhadap Biaya Kesehatan, serta Bagaimana Mengantisipasinya
  • Modus-modus Kecurangan Klaim
  • Sistem Verifikasi Tagihan untuk Mengantisipasi Bentuk-bentuk Kecurangan
  • Teknik Analisa dan Verifikasi Tagihan Klaim: Rawat Jalan dan Rawat Inap

PESERTA

Direktur/manajer keuangan rumah sakit, bendahara yayasan/rumah sakit, staf ahli pajak rumah sakit/yayasan dan semua pihak yang terlibat secara langsung maupun tidak terhadap proses klaim BPJS. 

TRAINING METHOD

Presentation

Discussion

Case Study

Evaluation 

FACILITIES

Training Kit

Flash disk

Handout

Certificate

Lunch + 2x Coffee Breaks

Souvenir

Pick Up Participant (Yogyakarta)

 

 

Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Klaim Medis dan Verifikasi BPJS Rumah Sakit
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi
TAGS , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
error: Content is protected !!