DESCRIPTION
Housekeeping merupakan bagian dari departemen yang bertanggung jawab dalam mengatur atau menata peralatan, menjaga kebersihan dan kenyamanan, memperbaiki kerusakan dan dekorasi lingkungan kerja dengan tujuan agar lingkungan kerja tersebut tampak rapi, bersih, menarik dan menyenangkan bagi penghuninya. Secara umum, fungsi housekeeping management yaitu melakukan perencanaan (planning),organizing, staffing, leading and controlling yang harus diterapkan secara konsisten.
Tujuan utama yang harus dicapai dengan adanya housekeeping management yaitu menciptakan lingkungan kerja dan budaya kerja yang baik sehingga kinerja karyawan dapat optimal. Salah satu teknik yang dapat diterapkan guna menciptakan budaya kerja yang baik yaitu konsep 5S. 5S atau Seiri/Ringkas, Seiton/Rapi, Seiso/Resik, Seikutse/Rawat & Shitsuke/Rajin merupakan konsep pengorganisasian lingkungan tempat kerja menjadi tertata rapi, terstruktur dan tervisualisasi. Pelatihan ini dirancang untuk shop floor staff, seperti operator, line leaders dan pengawas serta teknisi ataupun staff management dimana melalui pelatihan ini peserta akan dibekali dengan pengetahuan dan ketrampilan yang diperlukan dalam mengimplementasikan konsep 5S.
BENEFITS
- Memahami peran housekeeping management dalam perusahaan;
- Memahami konsep 5S dan workplace organisation
- Melakukan implementasi 5S pada work station hingga tahap evaluasi
MATERI
1. Konsep dan Fungsi Housekeeping Management
2. Perspektif 5S/5R
3. Konsep 5S/5R
- Efisiensi Kerja
- Produktifitas Kerja
- Mutu Kerja
- Keselamatan Kerja
4. Keunggulan 5S/5R
5. Tujuan 5S/5R
- Keamanan
- Tempat Kerja yang Rapi
- Efisiensi
- Mutu
- Kemacetan
6. Penerapan 5S/5R
7. Pengukuran Kinerja 5S
8. Evaluasi 5S/5R
9. Kunci Sukses Penerapan 5S
10. Impelementasi dan beberapa contoh perusahaan yang telah berhasil mengimplementasikan 5S
TRAINING METHOD
Presentation
Discussion
Case Study
Evaluation
FACILITIES
Training Kit
Handout
Certificate
Lunch + 2 X Coffee Break
Souvenir
Pick Up Participant