Finance For Non Finance (FINON)
December 5, 2018
Jadwal Pelatihan Finance For Non Finance (FINON)
Tanggal | Tempat | Kota | Belum ada jadwal terbaru |
PENDAHULUAN
Manajemen Keuangan adalah satu subsistem yang sangat penting dalam kegiatan di perusahaan. Karena itu para eksekutif yang kegiatannya memiliki hubungan erat dengan proses keuangan perusahaan perlu memiliki pemahaman tentang manajemen keuangan.
Bagi para eksekutif yang memiliki latar belakang pendidikan di luar bidang ekonomi (keuangan) sering kali mengalami kesulitan dalam berkomunikasi dan memahami istilah-istilah teknis dalam bahasa keuangan, padahal, semua masalah fungsional selalu berkaitan dengan keuangan.
SASARAN
Sesudah mengikuti pelatihan ini, diharapkan peserta akan:
- Memahami fungsi penting manajemen keuangan sebagai subsistem di perusahaan
- Memiliki kerangka tentang pengelolaan dana operasional dan kelayakan investasi
- Mampu memanfaatkan informasi keuangan untuk keputusan manajerial
- Memiliki kesatuan bahasa dalam konteks keuangan sebagai bahasa perusahaan
MATERI
1. Kerangka Manajemen Keuangan
- Ruang Lingkup Manajemen Keuangan
- Tugas dan Fungsi Manager Keuangan
- Arus Keuangan Sebagai Urat Nadi perusahaan
- Karakteristik Pendapatan & Biaya, Penerimaan & Pengeluaran, Investasi & Biaya Operasional
2. Memahami Laporan Keuangan
- Laporan Keuangan Sebagai End Result Seluruh Kegiatan Perusahaan
- Pendapat (Opini) Akuntan Publik pada Laporan Keuangan dan Dampaknya
- Laporan Keuangan Pokok: Laporan Laba Rugi Komprehensif, Laporan Posisi Keuangan (Neraca), Laporan Arus Kas (Cash Flow Statement), Laporan Perubahan Ekuitas
- Catatan Atas Laporan Keuangan
- Market Value vs Book Value
- Accounting Income vs Economic Income
3. Mengevaluasi Kinerja Perusahaan
- Laporan Keuangan Sebagai Indikator Posisi, Prestasi, dan Pertumbuhan Perusahaan (Company Growth)
- Sistematika Analisa dengan Berbagai Tolok Ukur Keuangan
- Manfaat dan Kendala Analisa Konvensional
- Penilaian Kinerja Keuangan (Evaluating Financial Performance): Profitability Ratio, Liquidity Ratio, Leverage Ratio
4. Manajemen Modal Kerja
- Modal Kerja Sebagai Alat Perencanaan Likuiditas & Profitabilitas
- Kegiatan Operasional Sebagai Unsur Penentu Kebutuhan Modal Kerja
- Keterlibatan Seluruh Manajer dalam Penentuan Modal Kerja
5. Menganalisa Kelayakan Investasi
- Pola Pikir Strategis (Jangka Panjang) dalam Pertimbangan Investasi
- Alternatif Investasi: Beli, Bangun, Sewa, Replacement, dll
- Proyeksi Cashflow dan Penerapan Time Value of Money
- Sistematika Analisa Penilaian Kelayakan
- Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR) dan Payback Period (PP) dan Economic Value Added (EVA)
6. Menganalisa Penyimpangan Biaya
- Fixed vs Variable Cost
- Break Event Point (BEP) Analysis
- Contribution Margin Analysis
- Traditional Cost Accounting
- Activity Based Costing
TRAINING METHOD
Presentation
Discussion
Case Study
Evaluation
FACILITY
Training Kit
Handout
Certificate
Lunch + 2x Coffee Break
Souvenir
Pick Up Participants (Khusus Yogyakarta)