PT Fresh Galang Mandiri

Profesional - Komitmen - Kualitas

Digital Learning – Penyusunan Unit Cost Rumah Sakit

March 23, 2022

Digital Learning – Penyusunan Unit Cost Rumah Sakit

Jadwal Pelatihan Digital Learning – Penyusunan Unit Cost Rumah Sakit

TanggalTempatKota
Belum ada jadwal terbaru

DESKRIPSI

Rumah sakit sebagai BLU/BLUD penyelenggara layanan kesehatan menghadapi tantangan sendiri dalam melayani masyarakat. Di satu sisi rumah sakit dituntut agar dapat memberikan pelayanan yang cepat dan bermutu, di sisi lain tarif yang dikenakan harus dapat dijangkau masyarakat pada umumnya. Dalam rangka inilah, sesuai amanat PP No.23/2005 tentang BLU dari Departemen Keuangan dan Permendagri No.61/2007 tentang BLUD, manajemen rumah sakit dituntut untuk senantiasa meningkatkan efisiensi dan efektifitas pengelolaan sumber daya yang dimilikinya termasuk sumber daya keuangan yang tidak terlepas dari tarif (biaya pelayanan) rumah sakit itu sendiri. Masalah biaya pelayanan ini menjadi sesuatu yang sangat krusial sehingga mendorong seluruh elemen yang berkepentingan, baik pihak rumah sakit maupun stakeholder untuk menghitung secara riil berapa biaya pelayanan yang dibutuhkan sehingga bisa menjadi alat advocacy dalam pembiayaan pelayanan kesehatan.

Analisis biaya melalui perhitungan biaya per unit ini (unit cost) dapat dipergunakan rumah sakit sebagai dasar pengukuran kinerja, sebagai dasar penyusunan anggaran dan subsidi, alat negosiasi pembiayaan kepada stakeholder terkait dan dapat pula dijadikan acuan dalam mengusulkan tarif pelayanan rumah sakit yang baru dan terjangkau masyarakat. Bagi rumah sakit swasta dan bahkan rumah sakit pada umumnya di kota-kota besar, akurasi unit cost analysis dalam penentuan tarif pelayanan ini menjadi langkah strategis dalam menghadapi persaingan yang saat ini memang tidak dapat dihindari.

TUJUAN

Secara umum Training ini akan membantu manajemen rumah sakit dalam melakukan analisis biaya khususnya perhitungan unit cost berdasar metoda double distribution terhadap setiap pelayanan kesehatan yang diberikan rumah sakit.

Secara khusus pelatihan ini dapat diharapkan akan:

  • Meningkatkan kemampuan peserta di Bidang Akuntansi dan Keuangan.
  • Membantu manajemen dalam menilai kesehatan keuangan rumah sakit melalui tinjauan positioning biaya terhadap tarif rumah sakit saat ini, sehingga dapat menjadi dasar perencanaan pendanaan rumah sakit di masa depan.
  • Memberi masukan/acuan dalam mengusulkan tarif baru berdasar perhitungan biaya per unit (unit cost).
  • Bila dikuasai dan diterapkan dengan baik, hasil analisis unit cost ini dapat menjadi alat bargaining dalam pengajuan kerjasama terhadap pihak ketiga (Lembaga Asuransi Kesehatan, dll).
  • Output dari analisis unit cost ini dapat juga dijadikan dasar negosiasi mengenai subsidi atas pelayanan rumah sakit kepada pasien tidak mampu/Gakin (Jamkesmas, PT Askes, dll),
  • Membantu proses penyusunan pola tarif baru berdasarkan perhitungan biaya per unit (unit cost).
  • Membantu dalam proses inventarisasi aset dan dalam menyusun strategi keuangan ke depan.
  • Laporan unit cost yang ada dapat dijadikan dasar dalam penilaian kinerja dan dasar dalam penyusunan anggaran rumah sakit maupun subsidi pemerintah ke rumah sakit.
  • Unit cost akan menjadi dasar bargaining power/alat advocacy dalam negosiasi dengan stakeholder terkait (pengajuan usulan pembiayaan maupun pengajuan subsidi anggaran).

MATERI

  1. Hospital Accounting & Costing on Overview
  2. Peran pentingnya Unit Cost dalam Strategic Business Planning Rumah Sakit
  3. Data untuk Kepentingan Penghitungan Unit Cost
  4. Step by Step Penyusunan Unit Cost Rumah Sakit
  5. Relative Value Unit
  6. Teori Penghitungan Unit Cost dengan Metode Double Distribusi
  7. Unit Cost Sebagai Dasar Pricing Policy di Rumah Sakit
  8. Penyusunan Jasa Medis dan Remunerasi di Rumah Sakit
  9. Latihan Menghitung Unit Cost
Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Digital Learning – Penyusunan Unit Cost Rumah Sakit
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi
error: Content is protected !!