Home / Digital Learning / Digital Learning – Penyusunan SOP (Standard Operating Procedure)

Digital Learning – Penyusunan SOP (Standard Operating Procedure)

Jadwal Pelatihan Digital Learning – Penyusunan SOP (Standard Operating Procedure)
  • 07 - 08 September 2021, -

DESKRIPSI

Saat kondisi persaingan yang semakin ketat, konsistensi kualitas sangat diperlukan untuk meningkatkan dan menjaga kepercayaan pelanggan. Tumpang tindih tugas merupakan hal yang wajar dalam aktivitas menghasilkan output antar bagian, departemen, atau divisi. Hal ini memerlukan pengaturan agar tidak terjadi salah komunikasi, konflik antar fungsi (yang kadang berkepanjangan) atau bahkan saling melepaskan tanggung jawab, yang pada akhirnya dapat berakibat pada menurunnya kinerja organisasi itu sendiri. Solusinya adalah dengan menciptakan suatu dokumen yang disebut SOP (Standard Operating Procedure).

Penulisan Standard Operating Procedure (SOP) memerlukan teknik yang berbeda dari jenis penulisan yang lain. Agar mudah dan efektif diterapkan, SOP harus jelas, ringkas, tepat sasaran dan dengan tingkat rincian yang sesuai bagi penggunanya. Disamping itu, SOP juga harus dapat berfungsi sebagai alat untuk perbaikan proses secara berkelanjutan.

 

TUJUAN 

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan dan kemampuan kepada peserta terkait dengan penyusunan SOP yang efektif, tidak hanya dari sisi dokumennya melainkan efektifan implementasinya pun sangat mendukung keberlangsungan dari Sistem SOP yang diterapkan. Selain itu juga diharapkan peserta mampu:

  • Mengetahui beberapa standar sistem penyusunan SOP yang banyak diterapkan perusahaan-perusahaan pada umumnya, salah satunya ISO 9001 Quality Management System.
  • Memahami peranan dan latar belakang pentingnya sistem SOP bagi sebuah perusahaan/organisasi.
  • Menyusun SOP sesuai dengan kebutuhan organisasi.

 

MATERI

  1. Standar Penyusunan Sistem Standard Operating Procedure
  2. Kebijakan Penyusunan SOP yang Merujuk kepada Sistem Dokumentasi ISO 9001 Quality Management System
  3. Pemahaman Karakteristik Bisnis dan Strategi Organisasi
  4. Mendesain Strategi dan Kebijakan Sebagai Dasar Standard Operating Procedure
  5. Mendesain SOP Perusahaan Berdasarkan Masing-masing Pekerjaan dan Departemen
  6. Teknik Menyusun, Menulis dan Mendokumentasikan Standard Operating Procedure
  7. Membangun Team SOP Sebagai Fungsi untuk Mengendalikan dan Menjaga Keefektifan Sistem serta Evaluasi Sebagai Dasar Perbaikan dan Pengembangan SOP
  8. Strategi Kebijakan dan Proses Sosialisasi Standard Operating Procedure, Uji Coba Sistem Standard Operating Procedure dan Perjalanan SOP dalam Lingkup Pekerjaan yang Menjadi Satu Kesatuan dalam Sebuah Perusahaan/Organisasi
  9. Evaluasi dan Revisi Dokumen SOP
Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Digital Learning – Penyusunan SOP (Standard Operating Procedure)
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi

About admin2

Check Also

Digital Learning – Mastering People Management and Team Leadership

LATAR BELAKANG Pelatihan Mengelola Karyawan dan Memimpin Tim ini berfokus pada semua inti dan teknik ...