Digital Learning – Effective Interpersonal Communication
October 12, 2021
Jadwal Pelatihan Digital Learning – Effective Interpersonal Communication
Tanggal | Tempat | Kota | Belum ada jadwal terbaru |
DESKRIPSI
Pelatihan ini akan membekali para peserta dengan pengetahuan akan pemahaman diri dan orang lain, serta keterampilan praktis berkomunikasi secara efektif, untuk beragam situasi pekerjaan sehari-hari. Teknik komunikasi verbal dan non verbal (bahasa tubuh & voice tone) akan dibahas tuntas, sehingga peserta mampu ‘menampilkan’ kesan dan pesan yang sesuai untuk tujuan komunikasinya.
MANFAAT
- Menghindari salah asumsi dan persepsi dalam komunikasi.
- Membuat strategi pendekatan, presentasi, dan persuasi yang tepat berdasarkan tipologi manusia.
- Mengatasi keberatan pada waktu melakukan negosiasi.
- Aplikasi strategi berkomunikasi dalam teamwork, komunikasi asertif, dan gaya komunikasi yang sesuai untuk tujuan komunikasinya.
- Aplikasi komunikasi dalam hubungan sosial dan bisnis demi memaksimalkan kepentingan bisnis.
MATERI PELATIHAN
1. Effective Communication & Interpersonal Skills: Konsep & Tren Mutakhir
- Konsep Dasar Human Communication, Beragam Situasi Kerja yang Membutuhkan Solusi Komunikasi
- Pemahaman Peranan Komunikasi dalam Internal dan Eksternal Kantor
- Persepsi dan Hambatan Psikologis beserta Prinsip-prinsip Komunikasi
- Memahami Perbedaan antara Pikiran dengan Perbuatan
- Memahami Kekuatan Pikiran Bawah Sadar
- Hukum Pikiran Bawah Sadar dan Implikasinya
- Mempelajari Faktor yang Mempengaruhi Pembentukan Citra Diri
2. Teknik Membaca Beragam Pola Manusia dalam Berkomunikasi
- Memahami Berbagai Tipe Personality, Kecenderungan dan Gaya Komunikasinya
- Memahami Motif, Kebiasaan dan Bahasa Tubuh Manusia Sesuai Tipologi
- Memahami Penggunaan Metode “KGHP” dan Indikator Lainnya
- Bagaimana Mencari Tombol Pemicu Tiap Orang Berdasarkan Tipologi dan Profil Kepribadiannya
- Latihan: Mengenali Tipologi Manusia dari Bersalaman, Raut Muka, Gaya Bicara dan Pakaian
- Simulasi: Membuat Strategi Pendekatan, Presentasi dan Persuasi yang Tepat
3. Teknik Komunikasi Non Verbal (Voice, Visual & The Effect Of Grooming) dalam Komunikasi & Persuasi
- Memahami Aplikasi Faktor Komunikasi (3Vs) dalam Persuasi & Komunikasi
- Beragam Teknik Komunikasi Bawah Sadar dan NLP
- Teknik Pacing-Leading (Tiru Samakan Pimpin) dalam Quick Approaching: Melatih Teknik “How to Make People Like You in Less Than 5 Minutes”
- Membaca 5 Bahasa Tubuh dengan Metode Traffic Light System (Red-Yellow- Green) serta Strategi Mengatasinya/Mendapatkan Komitmennya
- Penampilan dalam Berbisnis & Tata Busana Pria & Wanita
- People Reading with Traffic Light & Non-Verbal Selling
4. Teknik Menghindari Salah Asumsi & Persepsi dalam Komunikasi
- Meningkatkan Kualitas Interaksi dengan Pertanyaan yang Tepat (Seni dalam Bertanya)
- Mengetahui Teknik Reviewing, Termasuk Mengembangkan Issues, Solution dan Metode yang Efektif
- Penggunaan Seni Meta Model dengan Mengajukan Pertanyaan Kunci untuk Menggali Pemahaman Kata-kata Seseorang
- Bagaimana Membingkai (Reframing) Seputar Kejadian atau Pengalaman Tertentu ke dalam Komunikasi
5. Komunikasi dalam Menjual Ide & Bernegosiasi
- Teknik Menjual (Ide) kepada Orang yang Berbeda Tipologi
- Teknik Menggiring dan Membaca Bahasa Tubuh untuk Penutupan
- Pembuatan Script Penggiringan dan Latihan Kelas
- Mengenali Tanda-tanda Penutupan, dan Macam-macam Jenis Closing yang Efektif
- Teknik Negosiasi dan Strategi Penutupan Penjualan yang Efektif
- Bagaimana Mencari Informasi Mengenai Lawan Negosiasi
- Teknik Mengatasi Keberatan pada Waktu Melakukan Negosiasi
6. Komunikasi dalam Konteks Hubungan Atasan-Bawahan-Rekan Kerja
- Strategi Berkomunikasi dalam Teamwork, Komunikasi Asertif dan Gaya Komunikasi yang Sesuai
- Metode Memberikan Instruksi, Delegasi, Menegur, Memuji, Menghukum dan Memberikan Feedback Sesuai Tipologi Seseorang
- Metode Komunikasi Membangun Kedekatan, Coaching dan Counseling Sederhana
7. Komunikasi untuk Hubungan Interpersonal
- Teknik Active Listening dalam Interaksi Interpersonal
- Menerapkan Komunikasi Asertif, Bukan Pasif & Agresif
- Melakukan Profiling, dengan Berhenti Sejenak untuk Menganalisa Partner Bicara
- Teknik Persuasi Efektif
- Strategi Adaptif
- Simulasi: Active Listening
8. Lobbying & Networking: Aplikasi Komunikasi dalam Hubungan Sosial & Bisnis
- Mengenal pentingnya sosial competence sesuai beragam situasi (konteks) sosial/bisnis, dan bagaimana mengenal dan mengelola diri anda dalam berkomunikasi sosial dan bisnis
- Bagaimana Memasuki Pergaulan Baru, Teknik Komunikasi Melebur yang Efektif
- Managing Relationship: Mengelola Hubungan Bisnis yang Optimal
- Teknik Komunikasi Efektif Menghadapi Pejabat Pemerintah, Business Owner, Corporate Executive, Salesman, Profesional Umum, dan Bagaimana Memaksimalkannya Demi Kepentingan Bisnis
- Membangun Pesan yang Kuat & Efektif
- Skills Komunikasi Interpersonal Terapan untuk Lobbying & Networking