PT Fresh Galang Mandiri

Profesional - Komitmen - Kualitas

Digital Learning – Contract Management

July 2, 2024

Digital Learning – Contract Management

Jadwal Pelatihan Digital Learning – Contract Management

TanggalTempatKota
15 - 16 Juli 2024--

DESKRIPSI

Persaingan dalam dunia usaha yang semakin ketat, “memaksa” perusahaan-perusahaan untuk berkonsentrasi pada rangkaian proses atau aktivitas penciptaan produk dan jasa yang terkait dengan kompetensi utamanya (core competence). Aktivitas-aktivitas yang bukan merupakan core competence perusahaan tersebut dialihkan ke pihak lain. Proses pengalihan aktivitas tersebut biasanya dituangkan dalam suatu perjanjian yang dibuat secara tertulis (kontrak). Bagi pihak pemberi atau pihak penerima pekerjaan, kontrak merupakan suatu cara untuk mengamankan transaksi bisnis yang mereka lakukan. Faktanya seringkali terjadi perselisihan antara pemberi dan penerima pekerjaan akibat ketidaksesuaian isi kontrak dengan pelaksanaannya di lapangan.

Untuk menghindari hal tersebut, perusahaan perlu membekali karyawannya yang terlibat dalam pengelolaan kontrak dengan pengetahuan tentang manajemen kontrak. Dengan memiliki pengetahuan manajemen kontrak yang baik maka karyawan diharapkan kompeten dalam memilih vendor, mempersiapkan kontrak, monitoring dan evaluasi kinerja vendor, serta melakukan klaim dan menyelesaikan konflik.

Training ini akan menyampaikan materi-materi sehingga sasaran di atas berupa terwujudnya SDM yang mengerti tentang seluruh seluk beluk mengenai manajemen kontrak bisa tercapai.

 OUTPUT

Setelah mengikuti training ini peserta diharapkan mampu mengelola kontrak dengan baik, mulai dari memilih vendor, menyusun draft kontrak, monitoring dan evaluasi kinerja vendor, serta melakukan klaim dan menyelesaikan konflik.

MATERI

1. Pengantar

  • Pengertian dan Arti Penting Kontrak
  • Fungsi Ekonomi Kontrak
  • Syarat Sah Suatu Kontrak
  • Akibat Hukum Suatu Kontrak
  • Asas Kebebasan Kontrak
  • Berakhirnya Suatu Kontrak
  • Jenis-jenis Kontrak

2. Perencanaan Kontrak

  • Menetapkan Aktivitas Sub Kontrak
  • Menentukan Metoda Pemilihan Vendor (Penyedia Barang/Jasa)
  • Menentukan Metoda Penyampaian Dokumen Penawaran Vendor
  • Menentukan Metoda Pemilihan Vendor

3. Penyusunan Kontrak Kerjasama

  • Letter of Award
  • Isi Kontrak
  • Unsur-unsur Pokok Kontrak

4. Proses Negosiasi dengan Vendor

  • Prinsip-prinsip dalam Negosiasi
  • Teknik Negosiasi

5. Monitoring dan Evaluasi Kinerja Vendor

  • Tujuan Monitoring dan Evaluasi Kinerja Vendor
  • Teknik Monitoring dan Evaluasi Kinerja Vendor
  • Efektivitas Monitoring dan Evaluasi Kinerja Vendor

6. Klaim dan Penyelesaian Konflik

  • Pengertian Klaim
  • Bentuk Klaim
  • Faktor-faktor Penyebab Klaim
  • Prosedur Pengajuan Klaim
  • Penyelesaian Klaim
  • Penyebab Kegagalan Klaim
  • Cara Mengendalikan dan Menghindari Risiko Klaim

7. Studi Kasus dan Diskusi

Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Digital Learning – Contract Management
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi
error: Content is protected !!