PT Fresh Galang Mandiri

Profesional - Komitmen - Kualitas

Dasar – Dasar Restrukturisasi Kredit

March 25, 2015

Dasar – Dasar Restrukturisasi Kredit

Jadwal Pelatihan Dasar – Dasar Restrukturisasi Kredit

TanggalTempatKota
Belum ada jadwal terbaru

Instructor by : Herry Achmad Buchory 

DESCRIPTION

Restrukturisasi kredit merupakan usaha yang dilakukan bank dalam kegiatan usaha  perkreditan agar supaya debitur dapat memenuhi kewajibannya yang dapat dilakukan antara lain melalui penurunan suku bunga; pengurangan tunggakan bunga kredit; pengurangan pokok kredit;  perpanjangan jangka waktu kredit; penambahan fasilitas kredit; pengambilalihan aset debitur sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan konversi kredit menjadi penyertaan modal sementara  pada perusahaan debitur. Penyertaan modal adalah penyertaan sementara pada perusahaan debitur untuk mengatasi akibat kegagalan kredit. Dengan demikianlah usaha restrukturisasi bisa dilakukan salah satu maupun kombinasi dari cara yang ada.

Namun tidak semua debitur yang bermasalah dapat direstrukturisasi kreditnya. Bank harus melihat prospek usaha dari debitur itu sendiri. Bank dapat melakukan restrukturisasi kredit  bila debitur memiliki prospek yang baik dan telah atau diperkirakan akan mengalami kesulitan  pembayaran pokok dan/atau bunga kredit. Sementara debitur yang tidak memiliki prospek yang  baik dapat saja dilikuidasi. Program restrukturisasi tidak diperkenankan apabila program tersebut hanyalah untuk menghindari penurunan penggolongan kualitas kredit; atau pembentukan Penyisihan Penghapusan Aktiva Produktif (PPAP) yang lebih besar; atau penghentian pengakuan  pendapatan bunga secara akrual.

OBJECTIVE

  • Memberikan pemahaman kepada peserta perihal proses pemberian kredit, monitoring dan deteksi dini kredit bermasalah.
  • Memberi keyakinan kepada peserta dalam pengambilan keputusan atas strategi penanganan kredit bermasalah.
  • Peserta dapat memahami pemenuhan aturan regulator terhadap penanganan kredit bermasalah
  • Tinjauan alternatif penyelesaian kredit melalui pihak ketiga (legal action).

OUTLINE

1. Proses Kredit Dan Identifikasi Permasalahannya

  • Pengertian kredit bermasalah
  • Identifikasi factor-faktor penyebab kredit bermasalah
  • Early warning system
  • Kerangka kerja penanganan kredit bermasalah
  • Regulasi pendukung
  • Penyelesaian kredit melalui pihak ketiga

2. Strategi penanganan kredit bermasalah dengan rekstruturisasi atau penyelesaian kredit

  • Evaluasi alternative strategi
  • Financial projection restrukturisasi
  • Penentuan skema restrukturisasi
  • Studi kasus
  • Kesimpulan dan penutup

 

PARTICIPANT

  1. Account Officer, RPKB
  2. Pejabat pemegang kewenangan memutus kredit (a.l Kepala Cabang, dll)

TRAINING METHOD

Presentation

Discussion

Case Study

Evaluation

FACILITIES

Training Kit

Handout

Certificate

Lunch + 2 X Coffee Break

Souvenir

Pick Up Participants

Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Dasar – Dasar Restrukturisasi Kredit
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi
error: Content is protected !!