Home / Digital Learning / Digital Learning – Pengembangan SDM yang Bersinergi dengan Revolusi Industri 4.0

Digital Learning – Pengembangan SDM yang Bersinergi dengan Revolusi Industri 4.0

Jadwal Pelatihan Digital Learning – Pengembangan SDM yang Bersinergi dengan Revolusi Industri 4.0
  • 28 - 29 Juni 2021, -

DESKRIPSI

Teknologi digital yang berkembang sangat pesat telah merubah peran manusia dalam bekerja. Kehadiran robot dalam pekerjaan rutin dan atau berisiko tinggi, menjadi solusi yang sangat tepat untuk meningkatkan produktivitas dan mutu kerja, meningkatkan efisiensi biaya serta mengurangi risiko insiden di lokasi-lokasi kerja berbahaya. Demikian pula kehadiran software aplikasi, telah menciptakan transaksi antara manusia dengan mesin yang bersifat online, sehingga mengurangi tenaga kerja manusia. Petugas pintu jalan toll telah digantikan oleh gerbang elektronik, pekerja di mall dan department store telah berkurang karena mall dan department store banyak yang tutup, sebab masyarakat beralih ke belanja online. Di bidang perkantoran, pekerjaan yang bersifat administratif semakin berkurang. Misalnya, fungsi sekretaris, administrasi keuangan dan SDM, sudah digantikan oleh aplikasi dan mesin atau di outsourcing ke perusahaan lain. Hal ini dapat menjadi ancaman bagi SDM bangsa Indonesia, yang saat ini masih bekerja secara padat karya.

Sebagai karyawan, anda harus mendemonstrasikan ketrampilan soft-skills, antara lain cepat berdaptasi dengan lingkungan pekerjaan, berupaya menjadi karyawan teladan (role model), memahami tujuan perusahaan dan berkontribusi nyata terhadap pencapaiannya serta memiliki nilai-nilai pribadi yang berkembang. Anda harus menjadi pembelajar secara terus menerus.  Berbagai tantangan yang dihadap seperti kompetisi antar karyawan yang makin ketat, kemungkinan perusahaan untuk merekrut karyawan dari luar perusahaan yang menyebabkan posisi jabatan anda tidak aman untuk selamanya serta keusangan pengetahuan dan ketrampilan karena munculnya teknologi baru. Anda jangan berpuas diri dengan performansi kerja anda dimasa lalu atau masa kini. Anda akan tetap dipakai perusahaan apabila anda adaptif terhadap lingkungan perubahan bisnis perusahaan, memahami perkembangan teknologi terkini, dan selalu inovatif dalam mengembangkan layanan perusahaan.

Untuk itu, anda harus lincah (agile), tanggap terhadap situasi, mempelajari disrupsi bisnis apa yang mungkin melanda perusahaan, dan bagaimana perusahaan harus melakukan disrupsi bisnis atau masuk ke layanan nilai tambah pelanggan. Pelayanan pelanggan hari ini mungkin sudah memuaskan, tetapi anda harus memahami bisnis pelanggan anda, apa yang menjadi hambatannya saat ini dan kemana mereka akan melangkah. Anda harus pro-aktif memberikan saran dan dukungan bagi mereka. Perusahaan kita harus tumbuh dan berkembang bersama-sama dengan perusahaan pelanggan.

Saat ini berkembang trend perusahaan bertransformasi menjadi digital company, demi untuk meningkatkan daya juang dipasar dan nilai ekonomi perusahaan. Perusahaan yang bertransformasi menjadi digital company, perlu mengembangkan kapabilitas usahanya melalui SDM yang unggul, proses bisnis yang ramping dan lincah serta dengan pemanfaatan tools atau teknologi secara efektif. SDM perusahaan merupakan faktor utama yang harus dikembangkan, karena SDM merupakan faktor pembeda antara satu perusahaan dengan perusahaan yang lain, atau SDM merupakan competitive advantage dari sebuah perusahaan. SDM merupakan asset perusahaan yang akan mengembangkan perusahaan kedepan, namun SDM dapat pula menjadi beban perusahaan apabila karyawan tersebut tidak memberikan performansi kerja yang sebanding dengan gaji atau remunerasi yang diterimanya.

MATERI

  1. Kesiapan Perusahaan Menghadapi Era Industri 4.0
  2. Permasalahan dalam Penyiapan SDM di Era Digital
  3. Transformasi SDM Berbasis Digital
  4. Strategi Pengembangan SDM di Era Digital
  5. Peran dan Tantangan SDM di Era Digital
Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Digital Learning – Pengembangan SDM yang Bersinergi dengan Revolusi Industri 4.0
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi

About admin2

Check Also

Digital Learning – Reliability Management

DESKRIPSI Evaluasi keandalan produk atau proses dapat mencakup sejumlah analisis keandalan yang berbeda-beda, tergantung pada ...