Home / Agustus 2020 / Digital Learning – Finance for Non Finance (FINON)

Digital Learning – Finance for Non Finance (FINON)

Jadwal Pelatihan Digital Learning – Finance for Non Finance (FINON)
  • 06 - 07 Oktober 2020, -
  • 25 - 26 Agustus 2020, -

DESKRIPSI

Penguasaan terhadap pola pikir keuangan merupakan keharusan yang dimiliki oleh manajemen perusahaan guna bertahan dan berkembang dalam menghadapi persaingan bisnis yang semakin kompetitif. Kemampuan bertahan Perusahaan dalam persaingan global tergantung pada berapa laba dan pertumbuhan yang dapat dicapai oleh perusahaan setiap tahunnya.

Para eksekutif perusahaan di luar divisi keuangan sering mengalami kesulitan dan keterbatasan pemahaman mengenai bahasa keuangan. Padahal, segala masalah fungsional perusahaan mempunyai hubungan/kaitan yang erat dengan bagian keuangan. Dengan pemahaman keuangan yang baik bagi maka diharapkan seluruh eksekutif perusahaan dapat menjadikan proses pengelolaan perusahaan menjadi lebih efektif dan efisien.

Pelatihan ini didesain untuk memberikan pemahaman mendalam kepada peserta perihal manajemen keuangan kepada para manajer non keuangan. Dengan pemahaman mendalam diharapkan peserta mampu mengetahui tahapan atau proses pengelolaan keuangan perusahaan serta mampu berkomunikasi bahasa keuangan perusahaan dengan baik dan benar.

TUJUAN

Sesudah mengikuti pelatihan ini, diharapkan peserta akan:

  • Memahami fungsi penting manajemen keuangan sebagai subsistem di perusahaan
  • Memiliki kerangka tentang pengelolaan dana operasional dan kelayakan investasi
  • Mampu memanfaatkan informasi keuangan untuk keputusan manajerial
  • Memiliki kesatuan bahasa dalam konteks keuangan sebagai bahasa perusahaan

MATERI

1. Kerangka Manajemen Keuangan

  • Ruang Lingkup Manajemen Keuangan
  • Tugas dan Fungsi Manager Keuangan
  • Arus Keuangan sebagai Urat Nadi Perusahaan
  • Karakteristik Pendapatan & Biaya, Penerimaan & Pengeluaran, Investasi & Biaya Operasional

2. Memahami Laporan Keuangan

  • Laporan Keuangan Sebagai End Result Seluruh Kegiatan Perusahaan
  • Pendapat (Opini) Akuntan Publik pada Laporan Keuangan dan Dampaknya
  • Laporan Keuangan Pokok: Laporan Laba Rugi Komprehensif, Laporan Posisi Keuangan (Neraca), Laporan Arus Kas (Cash Flow Statement), Laporan Perubahan Ekuitas
  • Catatan Atas Laporan Keuangan
  • Market Value vs Book Value
  • Accounting Income vs Economic Income

3. Mengevaluasi Kinerja Perusahaan

  • Laporan Keuangan sebagai Indikator Posisi, Prestasi, dan Pertumbuhan Perusahaan (Company Growth)
  • Sistematika Analisa dengan Berbagai Tolok Ukur Keuangan
  • Manfaat dan Kendala Analisa Konvensional
  • Penilaian Kinerja Keuangan (Evaluating Financial Performance): Provitability Ratio, Liquidity Ratio, Leverage Ratio

4. Manajemen Modal Kerja

  • Modal Kerja Sebagai Alat Perencanaan Likuiditas & Profitabilitas
  • Kegiatan Operasional Sebagai Unsur Penentu Kebutuhan Modal Kerja
  • Keterlibatan Seluruh Manajer dalam Penentuan Modal Kerja

5. Menganalisa Kelayakan Investasi

  • Pola Pikir Strategis (Jangka Panjang) dalam Pertimbangan Investasi
  • Alternatif Investasi: Beli, Bangun, Sewa, Replacement, dll
  • Proyeksi Cashflow dan Penerapan Time Value of Money
  • Sistematika Analisa Penilaian Kelayakan
  • Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR) dan Payback Period (PP) dan Economic Value Added (EVA)

6. Menganalisa Penyimpangan Biaya

  • Fixed vs Variable Cost
  • Break Event Point (BEP) Analysis
  • Contribution Margin Analysis
  • Traditional Cost Accounting
  • Activity Based Costing
Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Digital Learning – Finance for Non Finance (FINON)
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi

About admin2

Check Also

Digital Learning – Motivation and Communication Building

DESCRIPTION Dalam dunia kerja, motivasi dan komunikasi sangat dibutuhkan oleh para karyawan dalam hubungannya dengan ...