DESCRIPTION
Untuk meningkatkan jasa pelayanan perbankan yang lebih luar dalam era globalisasi dan perdagangan bebas yang terus berkembang, diperlukan peranan bank yang berkedudukan pada lokasi-lokasi tertentu untuk menunjang aktivitas bisnis masyarakat sekaligus memperkuat kepercayaan dan profesionalisme perbankan nasional. Dalam rangka mendorong keberadaan kantor cabang bank di daerah-daerah yang membutuhkan jaringan pelayanan suatu bank, maka perlu adanya pemahaman terkait ketentuan mengenai akses dan keberadaan bank di suatu daerah. Prosedur dan tatacara pembukaan kantor cabang dalam hal ini menjadi sangat penting untuk dipahami secara komprehensif melalui suatu kegiatan pembelajaran.
BENEFIT
Peserta mampu menganalisis kelayakan aspek teknis, ekonomis dan komersial dengan menggunakan analisis lingkungan perusahaan, khususnya untuk mampu menganalisis kelayakan finansial pembukaan Kantor Cabang di lokasi yang direncanakan.
MATERI
1. Pengertian Pembangunan dan Pendapatan Regional
2. Konsep Basis Ekonomi
3. Analisis Lingkungan Perusahaan
4. lnvestasi
- Pengertian Investasi
- Jenis lnvestasi
- Keputusan lnvestasi
5. Analisis Kelayakan lnvestasi
6. Analisis Perhitungan Break Even Point
7. Kondisi Perekonomian Daerah Pembukaan Kantor Cabang yang Direncanakan
- Profil Kota/Kabupaten/Kecamatan
- Perkembangan Ekonomi Daerah
- Tingkat Pertumbuhan PDRB
- Kontribusi Sektoral PDRB
- Sektor Ekonomi Unggulan
- Perkembangan Investasi Daerah
8. Analisis Lingkungan Perusahaan
- Aspek Pasar dan Pemasaran
- Aspek Teknis dan Teknologi
- Aspek Manajemen Operasi
- Aspek Keuangan bank
9. Analisis Kelayakan Finansial
- Sarana Penunjang
- Kantor Cabang Pembantu
- Perkiraan Aktivitas Dana, Kredit dan Jasa
10. Target Pendapatan dan Biaya
- Analisis Perhitungan Break Even Point
- Analisis Perhitungan Payback Period
11. Rekomendasi Alternatif Pembukaan Kantor Cabang Pembantu
12. Kajian dan Analisis Informasi Geografi, Demografi, Sosial dan Preferensi Masyarakat di Calon Lokasi Kantor Cabang, Kantor Kas, Payment Point dan ATM
13. Analisis dan Rencana Kegiatan Usaha Pembukaaan Cabang Kantor Kas, Payment Point dan ATM
14. Rencana Kebutuhan Pegawai yang Mendukung Operasional Cabang, Kantor Kas, Payment Point dan ATM
15. Proyeksi Arus Kas Bulanan Sampai Break Event Point
TRAINING METHOD
Presentation
Discussion
Case Study
Evaluation
FACILITY
Training Kit
Handout
Certificate
Lunch + 2x Coffee Break
Souvenir
Pick Up Participant (Yogyakarta)
Form Pre-Registrasi
Data Materi Training | |
Topik Training | : Pembuatan Study Kelayakan Pembukaan Jaringan Kantor |
Link | |
*Jumlah Peserta | Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan |
*Nama Peserta Yang Didaftarkan | |
Personal Data | |
*Nama | |
*Jabatan | Jabatan/Divisi/Departement |
*Nama Perusahaan | |
*Alamat Perusahaan | |
*Email Perusahaan | |
*Email Alternatif | eg: gmail, yahoo, hotmail |
*Telepon Kantor | |
Ekstensi | |
*Handphone | |
* Harus di isi | |
![]() | |