Home / Human Resources / Knowledge Management

Knowledge Management

14 - 16 Mei 2019, Ibis Style Hotel, Yogyakarta

DESCRIPTION

Knowledge Management adalah suatu rangkaian kegiatan yang digunakan oleh organisasi/perusahaan untuk mengidentifikasi, menciptakan, menjelaskan, dan mendistribusikan pengetahuan untuk digunakan kembali, diketahui, dan dipelajari di dalam organisasi. Kegiatan ini biasanya terkait dengan objektif organisasi dan ditujukan untuk mencapai suatu hasil tertentu seperti pengetahuan bersama, peningkatan kinerja, keunggulan kompetitif, atau tingkat inovasi yang lebih tinggi.

Banyak dana yang disediakan dan dikeluarkan oleh perusahaan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sumber daya manusianya, baik untuk program magang, pelatihan, pendidikan dan sebagainya. Namun investasi yang relatif besar tersebut tidak jarang menjadi “hilang begitu saja” ketika seseorang berhenti bekerja, baik karena pensiun maupun pindah kerja.

Adalah penting bagaimana perusahaan dalam mengelola knowledge yang ada di setiap karyawan dalam mendokumentasikan hasil kegiatan dari aktivitas-aktivitas sesuai dengan SOP tersebut perlu diperkaya dengan pengalaman-pengalaman yang telah kita lakukan menggunakan knowledge secara sistematis. Hal ini menjadikan pengetahuan yang ada dalam SOP menjadi lebih kontekstual dan praktikal. Pengayaan SOP dengan hal-hal yang bersifat informal seperti pengalaman ini merupakan hal yang penting dalam mendorong aktivitas pembelajaran, mengingat orang-orang pada umumnya lebih tertarik dan bersemangat dalam hal-hal yang informal.

Salah satu daya tarik pelatihan ini adalah kemampuan untuk menunjukan benefit yang bisa diberikan melalui knowledge yang dikelola secara sistematis berbasis CoP (Community of Practice), sehingga mengikuti struktur knowledge berbasis CoP tidak lagi sekedar menjadi aktivitas ekstrakurikuler semata namun menjadi semacam kebutuhan penting sehingga dalam membangun struktur knowledge bekerja bukan knowledge itu sendiri yang perlu dikelola, tetapi mengasuh (nurturing) orang-orang dan jaringan orang yang bekerjasama untuk meningkatkan knowledge.

TUJUAN

Memberikan pemahaman kepada para peserta dan juga pengembangan skill agar peserta mengetahui prinsip-prinsip dan aplikasi Knowledge Management dalam organisasi/perusahaan. Khususnya dalam kaitannya dengan pengelolaan sumber daya manusia di organisasi/perusahaan. Dengan pengetahuan tersebut pelatihan peserta diharapkan dapat menyusun dan mengimplementasikan Knowledge Management di perusahaan masing-masing.

OUTLINE

1. Introduce

  • Pengertian Knowledge Management
  • Manfaat Knowledge Management
  • Pemahaman Terhadap Inisiatif dan Struktur Knowledge
  • Sharing Peserta Terhadap Pemahaman yang Telah Disampaikan

2. Knowledge Sharing

  • Studi Kasus Aplikasi KM untuk Learning Organization

3. Knowledge Flow and Performance Dimension

  • Implementasi Knowledge Management

4. Framework Community Of Practice (CoP)

  • Terbentuknya CoP dengan Subjek yang dianggap kritikal dan populer di Perusahaan
  • Inisiasi Pembentukan CoP Guidance

5. Proses Terjadinya CoP

  • Perluasaan aktivitas CoP baik dalam hal penambahan jumal CoP maupun jumlah partisipasi pegawai dalam CoP
  • Extended CoP Workshop (Education For New CoP), CoP Event dan CoP Evaluation

6. Simulasi

  • CoP telah terbentuk secara matang dan secara alamiah menjadi Narasumber bagi Organisasi
  • CoP Maintenance Planning, Execution, Event and Evaluation/Measurement

TRAINING METHOD

Presentation

Discussion

Case Study

Evaluation

FACILITY

Training Kit

Handout

Certificate

Lunch + 2x Coffee Break

Souvenir

Pick Up Participant (Khusus Yogyakarta)

 

 

Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Knowledge Management
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi

About admin2

Check Also

Penyusunan Dokumen UKL-UPL

25 - 27 Juni 2019, Neo Malioboro Hotel, Yogyakarta19 - 21 Maret 2019, Neo Malioboro ...