Siap menyelenggarakan
Sertifikasi Kecakapan Operator Radio (SKOR)
Sertifikat dari Kemenkominfo
Home / Human Resources / Organization Development

Organization Development

30 Oktober - 01 November 2018, New Saphir Hotel, Yogyakarta

DESCRIPTION

Organisasi dituntut untuk terus berkembang jika ingin tetap bertahan (survive), Pengembangan organisasi memfokuskan pada perubahan, dan perubahan merupakan hal yang tidak dapat dihindarkan oleh setiap organisasi. Setiap organisasi akan merubah dirinya sesuai dengan tuntutan lingkungan yang ada. Organization Development (Pengembangan Organisasi) adalah suatu proses yang direncanakan dalam mengembangkan/mengubah/memodifikasi organisasi agar lebih efektif dalam rangka pencapaian tujuan organisasi/perusahaan. Organization Development (OD) secara garis besar meliputi 3 (tiga) hal yang saling terkait, yakni :

  1. Perilaku Organisasi (Organization Behavior)
  2. Struktur Organisasi (Organization Structure)
  3. Sistem Proses Organisasi (Organization System & Process)

Pengembangan organisasi, dari hari ke hari semakin menjadi aktivitas yang krusial bagi Perusahaan. Perkembangan lingkungan organisasi yang begitu cepat sulit dibendung efeknya bagi organisasi. Karena satu-satunya cara adalah untuk organisasi bisa secara berkesinambungan melakukan respon optimal terhadap berbagai perubahan tersebut, termasuk perubahan kepentingan dari para stake holders.

Sistem, orang dan budaya selalu menjadi 3 faktor yang akan menentukan competitive advantage seperti apa yang akan dibangun Perusahaan. Recruitment yang berhasil mendatangkan orang yang berkualitas akan menjadi ‘percuma’ bila sistem yang ada di Perusahaan tidak bisa memfasilitasi munculnya kinerja yang diharapkan dari orang tersebut. Organization Development Professionals mempunyai peran sentral dalam membantu mengelola perubahan organisasi yang ada agar selalu dapat menjadi ‘wadah’ yang memfasilitasi munculnya kinerja yang diharapkan.

Pengembangan Organisasi di dalam sebuah organisasi merupakan payung bagi Divisi Human Resource untuk melakukan aktifitas operasionalnya. Dalam tugas ini, organisasi development bertugas menjembatani atau mensosialisasikan strategi perusahaan kepada semua divisi yang ada di organisasi.

Dalam implementasi strategi perusahaan, program Pengembangan Organisasi menjembatani dalam tanggung jawabnya mengembangkan struktur organisasi, budaya organisasi dan fungsi-fungsi yang ada dalam Human Resource Management. Disajikan bersama contoh aplikatif dari kasus-kasus lokal, pelatihan ini akan available untuk dijadikan para praktisi MSDM sebagai benchmark permasalahan yang pernah dialami di perusahaannya. Setelah mengikuti pelatihan ini, anda diharapkan mampu menjadi konsultan internal di perusahaan masing-masing. 

OBJECTIVES

  • Peserta mampu menjembatani program-program HR pada strategi organisasi
  • Peserta mampu melakukan teknik-teknik pengembangan organisasi

COURSE OUTLINE

1. Organization Development merupakan jawaban terhadap perubahan

2. Definisi, peran dan job desc dari Organization Development Professionals

3. Kompetensi dan skill yang dibutuhkan untuk berhasil

4. Membuat perencanaan dan evaluasi dari suatu unit/department Organization Development (OD)

5. Meningkatkan efektivitas keterkaitan antar department Organization Development dan unit-unit organisasi lainnya

6. Mengaitkan inisiatif Organization Development dengan arah strategis perusahaan

7. Analisis kepentingan stake holders dan inisiatif Organization Development (OD)

8. Prinsip-prinsip dalam mengelola perubahan organisasi

9. Mengevaluasi kesiapan organisasi untuk berubah dan menentukan strategi perubahan

10. Tahapan dan metode audit organisasi & proses identifikasi SWOT organisasi

11. Mengelola proses perubahan organisasi dan mempersiapkan struktur untuk mendukung perubahan

12. Mengoptimalkan komponen Organization Development

  • Organisasi, Proses Tools, Link antara Sistem, Organisasi, People Budaya Perusahaan

13. Berbagai tools dan intervensi dalam Organization Development (OD)

14. Link antara job, struktur, komponen dan desain organisasi

15. Mengembangkan organisasi secara berkelanjutan melalui learning organization dan knowledge management

16. Kunci Organization Development yang berhasil

17. Membuat perencanaan dan evaluasi dari suatu unit/department Organization Development

18. Bagaimana mengaitkan inisiatif Organization Development dengan arah strategis perusahaan

19. Analisis kepentingan stake holders dan inisiatif Organization Development

20. Metodologi pengumpulan data di dalam Organization Development

21. Memonitor dan mengukur efektivitas suatu intervensi Organization Development

22. Memahami berbagai komponen sistem :

  • Kompetensi, Sturktur Gaji dan Reward, Sistem Karir, dll
  • Proses menentukan prioritas intervensi

23. Mengembangkan organisasi secara berkelanjutan melalui Learning Organization Knowledge Management

24. Efektivitas organisasi

  • Misi dan sasaran organisasi
  • Daur hidup organisasi
  • Pengukuran efektivitas organisasi

25. Desain Struktur Program

  • Teori Organisasi, Desain Struktur Organisasi atas Dasar Strategi, Ukuran, Lingkungan, Teknologi, Kekuasaan Politik, Budaya Perusahaan, Manajemen Evolusi Organisasi

26. Pengembangan dan Perubahan Organisasi

  • Proses Pengembangan Organisasi
  • Agen Perubahan
  • Diagnosis Organisasi
  • Hambatan Terhadap Perubahan
  • Strategi Perubahan
  • Teknik Intervensi

27. Perilaku Organisasi

  • Perilaku Individu, Sikap dan Kepuasan Kerja
  • Motivasi, Menumbuhkan Komitmen, Perilaku dan Dinamika Kelompok
  • Manajemen Konflik, Manajemen Stress, Manajemen Perilaku Organisasi

28. Pengembangan Budaya

  • Pengertian budaya organisasi
  • Unsur-unsur dalam budaya organisasi dan faktor-faktor yang mempengaruhi
  • Identifikasi dan pengembangan budaya organisasi
  • Peran Pemimpin dalam menanamkan budaya organisasi
  • Proses sosialisasi dan pemeliharaan budaya organisasi

29. Manajemen Sumber Daya Manusia

  • Perencanaan Sumber Daya Manusia
  • Analisa dan Evaluasi Jabatan
  • Rekrutmen dan Wawancara
  • Sistem Pengimbalan
  • Penilaian Prestasi Kerja, Pendidikan
  • Pengembangan
  • Perencanaan Karir

PARTICIPANT

Para Praktisi SDM, Khusus Bagian Pengembangan Organisasi

TRAINING METHOD

Presentation

Discussion

Case Study

Evaluation 

FACILITIES

Training Kit

Flash disk

Handout

Certificate

Lunch + 2x Coffee Breaks

Souvenir

Pick Up Participant (Yogyakarta)

 

 

Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Organization Development
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi

About admin2

Check Also

Manajemen Inventarisasi Barang dan Asset Perusahaan

04 - 06 Desember 2018, Neo Malioboro Hotel, Yogyakarta13 - 15 September 2018, Grand Tjokro ...