Siap menyelenggarakan
Sertifikasi Kecakapan Operator Radio (SKOR)
Sertifikat dari Kemenkominfo
Home / General Affair / Service Excellent Skill dan Housekeeping Management

Service Excellent Skill dan Housekeeping Management

17 - 19 November 2018, Neo Malioboro Hotel, Yogyakarta

MATERI

A. The Basics Are The Basis of Customer Service

  • Mengubah paradigma dalam melayani
  • Motivasi melayani, menanamkan motivasi dalam melayani
  • Arti konsumen & pelayanan
  • Melayani dengan tulus
  • Basic mentality for service excellence
  • Siapakah kita?
  • Pentingnya sopan santun dalam pelayanan customer
  • Peserta akan memahami teknik-teknik penting untuk meningkatkan kadar sopan santun
  • Sikap adalah segalanya
  • Bagaimana anda bisa yakin pada diri sendiri, terbuka pada orang lain dan tidak stereotype
  • Melakukan hal-hal yang benar, termasuk etika
  • Anda harus bisa jujur, do the right thing, dan be accountable for your actions

B. Effective Communication With Your Customer

  • Siapakah customer kita? customer internal dan customer external
  • Bagaimana memilih kata-kata yang tepat, nada yang pas dan menjaga percakapan anda tetap professional?
  • Action speak louder than words
  • Lakukan eye contact dan maintain good posture dan bagaimana menjaga agar energi anda tetap prima
  • Bagaimana memanfaatkan bahasa lisan secara efektif, termasuk bicara secara jelas, dan menghindarkan jargon yang membingungkan
  • Teknik mengajukan pertanyaan yang tepat dan juga menjawab pertanyaan dengan jitu
  • Apa yang anda lakukan ketika pelanggan berkata tidak?
  • Bagaimana mendengarkan dengan penuh perhatian dan empatik?
  • Greeting – Penerapan 3S (senyum, sapa, salam), sikap sopan

C. Relationship Building

  • Bagaimana menciptakan rapport dengan cepat begitu anda mulai bicara dengan customer
  • Bagaimana bisa berinteraksi secara positif dengan customer
  • Teknik mengidentifikasi kebutuhan customer
  • Bagaimana membuat customer anda merasa begitu dihargai
  • Bagaimana menjaga hubungan harmonis yang berkelanjutan (teknik mengingat nama, ingat selera pelanggan, dsb)
  • Tips menangani customer yang berbeda-beda

D. Face to Face Contacts

  • Bagaimana memberi salam yang hangat kepada customer
  • Teknik-teknik efektif membantu customer
  • Bagaimana mengakhiri kontak customer sehingga mereka memperoleh kesan yang menyenangkan

E. Etika Bekerja

  • Fungsi dan tugas receptionist, office boy, driver, messenger
  • Etika pada atasan/pimpinan dan juga rekan kerja
  • Sikap positif terhadap tamu dan karyawan lain
  • Teknik melayani pelanggan

F. Telephone Contacts

  • Telephone courtesy, etika dalam menelepon, menjawab telepon, dll
  • Bagaimana ‘mempersiapkan’ telinga agar lebih mau mendengar
  • Memilih ungkapan pembuka di telepon
  • Bagaimana membantu pelanggan melalui telepon
  • Bagaimana mengakhiri kontak telepon dengan anggun, menyentuh hati dan menentramkan customer

G. Penampilan (Grooming)

  • Grooming – Penampilan, make up, kerapihan dan kebersihan
  • Cara berjalan dan bertatap muka
  • Hal-hal yang tidak disukai customer

H. Difficult Customer Contacts

  • Menemukan alasan tepat mengapa customer marah
  • Bagaimana mengidentifikasi akar masalah yang sesungguhnya
  • Memahami keluhan customer sebagai kesempatan untuk meningkatkan kualitas layanan customer
  • Teknik menawarkan solusi yang membantu customer
  • Tips mengakui adanya kesalahan
  • Apa saja yang perlu diperbaiki

I. Housekeeping Management

  • Bidang Manajemen dan Sumber Daya Manusia
    • Mempunyai motivasi, penampilan, serta komunikasi yang baik, ramah, sopan serta etos kerja yang bisa dipertanggungjawabkan
    • Menguasai bidang teknik serta penguasaan tugas yang sebelumnya akan diberikan pelatihan secara khusus dalam bidang housekeeping, cleaning services & table manner sehingga diharapkan mempunyai kemampuan untuk melaksanakan tugas sesuai dengan standard yang telah ditetapkan oleh perusahaan
    • Jumlah tenaga kerja akan disesuaikan dengan luas area pekerjaan, beban pekerjaan, serta jam kerja, yang akan dihitung berdasarkan volume pekerjaan tersebut
  • Perlengkapan dan Peralatan Kerja
    • Ruang untuk penempatan barang dengan spesifikasi
    • Penataaan berdasarkan jenis barang (dipisahkan)
    • Penataan disesuaikan jumlah yang ideal (tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit/3 par stock : chemicals, cleaning materials/equipment’s, amenities/groceries)
  • Ruang Lingkup Pekerjaan
    • Tanggung jawab housekeeping (terhadap manajemen, tamu, departemen lain, staff)
    • Ruang lingkup kegiatan tata graha
    • Tugas umum departemen tata graha
    • Area kerja dalam melaksanakan tugas yang akan dilakukan adalah meliputi : ruang direksi dan meeting room, perumahan dan ruangan/indoor, kamar mandi dan sanitasi, lingkungan area di luar gedung (parking area), gardening/taman
    • Perawatan inventaris perusahaan

TRAINING METHOD

Presentation

Discussion

Case Study

Evaluation

FACILITY

Training Kit

Handout

Certificate

Lunch + 2x Coffee Break

Souvenir

Pick Up Participants (Yogyakarta)

Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Service Excellent Skill dan Housekeeping Management
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi

About admin2

Check Also

Pengelolaan B3 dan Limbah B3

18 - 20 Desember 2018, Jambuluwuk Hotel, YogyakartaDESKRIPSI Penggunaan bahan kimia dan bahan berbahaya dan ...