Siap menyelenggarakan
Sertifikasi Kecakapan Operator Radio (SKOR)
Sertifikat dari Kemenkominfo
Home / Agustus 2016 / Sertifikasi Auditor SMK3

Sertifikasi Auditor SMK3

30 Oktober - 02 November 2018, Ibis Style Hotel, Yogyakarta
27 - 30 Agustus 2018, Ibis Style Hotel, Yogyakarta
06 - 09 Agustus 2018, Ibis Style Hotel, Yogyakarta
25 - 27 Juni 2018, Ibis Style Hotel, Yogyakarta

LATAR BELAKANG

Salah satu manfaat dari penerapan sistem manajemen adalah sistem yang dapat diukur dan diverifikasi sehingga dapat diketahui sampai seberapa jauh keberhasilan dalam penerapan sistem tersebut. Untuk pembuktian penerapan SMK3 di perusahaan perlu dilakukan audit SMK3. Audit SMK3 dilakukan terhadap elemen-elemen dan kriteria-kriteria audit SMK3 yang ada.

Audit SMK3 adalah proses yg dilakukan sistematik, independen dan terdokumentasi untuk memperoleh bukti audit dan mengevaluasinya secara objektif untuk menentukan sampai sejauh mana kriteria audit dipenuhi. Standar Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) dimaksudkan untuk melindungi pekerja dari kemungkinan sakit karena pekerjaan dan dari kecelakaan kerja. Agar penerapannya berjalan efektif, maka secara periodik perlu dilakukan efektivitasnya melalui audit internal dan tinjauan manajemen. Dari hasil audit SMK3 akan dapat diperoleh gambaran yang jelas dan lengkap tentang status mutu pelaksanaan K3 yang selanjutnya dapat digunakan untuk perbaikan yang berkelanjutan.

TUJUAN 

  • Memenuhi kriteria Peraturan Pemerintah (PP) No.50 Tahun 2012 mengenai penerapan Sistem Manajemen K3
  • Menjadi auditor internal SMK3 yang kompeten dan professional yang mampu melaksanakan audit penerapan SMK3 di perusahaan
  • Berpotensi menjadi auditor eksternal SMK3
  • Mengerti dan memahami prinsip-prinsip, elemen-elemen dan kriteria SMK3
  • Merencanakan, mempersiapkan, melaksanakan dan melaporkan hasil internal audit SMK3
  • Mengumpulkan, menganalisa dan verifikasi bukti audit serta mengkomunikasikan hasil observasi yang signifikan untuk ditindaklanjuti
  • Mengevaluasi pemenuhan peraturan perundangan K3
  • Mengerti dan memahami peran auditor SMK3 dan lead auditor dalam melaksanakan audit SMK3

MATERI 

1. Peraturan Perundangan K3

  • Kebijakan Pengawas K3
  • Kebijakan SMK3

2. Prinsip-prinsip SMK3

3. Tugas dan Fungsi Auditor SMK3

4. Wewenang, Kewajiban, dan Jenjang Karir Auditor SMK3

5. Badan Audit SMK3

6. Elemen-elemen dan Kriteria Audit SMK3

7. Mekanisme dan Sitematika Pelaksanaan Audit SMK3

8. Metode dan Teknik Audit SMK3

  • Pembangunan dan Pemeliharaan Komitmen
  • Strategi Pendokumentasian
  • Peninjauan Ulang Perancangan (design) dan Kontrak
  • Pengendalian Dokumen
  • Pembelian
  • Keamanan Bekerja Berdasarkan SMK3
  • Standar Pemantauan
  • Penyusunan Laporan dan Tindak Lanjut (Perbaikan kekurangan)
  • Pengelolaan Material dan Perpindahannya
  • Pengumpulan dan Penggunaaan Data
  • Audit SMK
  • Pengembangan Keterampilan dan Kemampuan

9. Instrumen Audit SMK3

10. Rencana Tahunan Audit (RTA)

11. Hubungan Fungsional Auditor SMK3 dengan Pengawas Ketenagakerjaan dan Ahli K3

 

Persyaratan untuk pembuatan Sertifikat KEMNAKER RI yang harus dibawa :

  1. Pendidikan minimal D3 dan harus sudah mempunyai Sertifikat AK3 Umum
  2. Fotocopy Ijazah Terakhir
  3. Fotocopy SIO AK3 Umum beserta SKP
  4. Fotocopy Sertifikat AK3 Umum yang masih berlaku
  5. Pasphoto 3×4 dan 4×6 masing-masing 2 lembar
  6. Fotocopy KTP
  7. Surat Keterangan Sehat dari dokter
  8. Surat Keterangan Kerja dari perusahaan
  9. Membawa Laptop

 

***Untuk mengikuti Training Sertifikasi Auditor SMK 3 >> PESERTA HARUS SUDAH MEMILIKI SERTIFIKAT AK3 UMUM

 

TRAINING METHOD 

Presentation

Discussion

Case Study

Evaluation

Ujian Sertifikasi 

FACILITY 

Training Kit

Handout

Certificate

Lunch + 2x Coffee Break

Souvenir

Pick Up Participant (Yogyakarta)

 

Form Pre-Registrasi

Data Materi Training

Topik Training : Sertifikasi Auditor SMK3
Link
*Jumlah Peserta Estimasi Jumlah Peserta yang di ajukan
*Nama Peserta Yang Didaftarkan

Personal Data

*Nama
*Jabatan Jabatan/Divisi/Departement
*Nama Perusahaan
*Alamat Perusahaan
*Email Perusahaan
*Email Alternatif eg: gmail, yahoo, hotmail
*Telepon Kantor
Ekstensi
*Handphone
* Harus di isi

About admin

Check Also

Analisa Kredit dan Manajemen Risiko Kepada Perusahaan atau Lembaga Keuangan Non Bank

DESCRIPTION Sebagai salah satu pilar sektor keuangan dalam melaksanakan fungsi pelayanan jasa finansial dibidang pembiayaan dan ...